PERFORMANCE OF SINGLE CYLINDER COMBUSTION ENGINE WITH VARIATIONS IN FUEL OCTANE NUMBER AND COMPRESSION PRESSURE

Bahtiar Rahmat, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu, Indonesia
Mohammad Burhan Rubai Wijaya, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Performa dari sebuah mesin pembakaran dalam sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kualitas bahan bakar serta tekanan kompresi dari mesin. Tekanan kompresi yang tinggi dan diikuti pemilihan angka oktan bahan bakar yang sesuai, akan menghasilkan performa yang optimal. Sayangnya, hanya sedikit pengguna yang mengetahui bahwa mesin kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar dengan angka oktan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keluaran daya & torsi mesin pembakaran dalam satu silinder yang diberikan variasi tekanan kompresi menggunakan bahan bakar Pertamax & Pertamax Plus. Uji dynamometer dilakukan untuk mengetahui perbedaan performa mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin dengan tekanan kompresi (11,8 Kg/cm2) dengan bahan bakar Pertamax Plus menghasilkan keluaran daya tertinggi sebesar 7,5 KW dengan keluaran torsi tertinggi sebesar 9,6 Nm. Sedangkan mesin dengan tekanan kompresi (10 Kg/cm2) mengunakan bahan bakar Pertamax menghasilkan keluaran tenaga terendah sebesar 4,2 KW dengan keluaran torsi terendah sebesar 3,8 Nm.

Keywords


Performa, Angka Oktan, Tekanan Kompresi

Full Text:

89-99 (PDF)

References


Ariawan, I., Kusuma, W., & Adnyana, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis. J. METTEK, 2(1), 51-58.

Benson, R., & Whitehouse, N. (1979). Internal Combustion Engines. A Detailed Introduction to the Thermodynamics of Spark and Compression Ignition Engines, Their Design and Development. Manchester: Pergamon Press.

Ferguson, C., & Kirkpatrick, A. (2015). Internal combustion engines: applied thermosciences. John Wiley & Sons.

Jiang, C., Huang, G., Liu, G., Qian, Y., & Lu, X. (2019). Optimizing gasoline compression ignition engine performance and emissions: Combined effects of exhaust gas recirculation and fuel octane number. Applied Thermal Engineering, 153, pp.669-677.

Keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi. (2018). Nomor: 0177K/10/DJM.T/2018. tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin yang Dipasarkan di dalam Negeri. Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi.

Kristanto, P. (2015). Motor Bakar Torak-Teori & Aplikasinya, 1st ed. . Yogyakarta: Andi Offset.

Laduni, M. (2022). Pengaruh Angka Oktan Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Honda New Mega Pro 150 CC. Jurnal Teknik Mesin, 18(2), 152-158.

Maurya, R., & Agarwal, A. (2011). Experimental study of combustion and emission characteristics of ethanol fuelled port injected homogeneous charge compression ignition (HCCI) combustion engine. Applied Energy, 1169-1180.

Muku, I., & Sukadana, I. (2009). Pengaruh Rasio Kompresi terhadap Unjuk Kerja Mesin Empat Langkah Menggunakan Arak Bali sebagai Bahan Bakar. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakra M, 3(April), 26-32.

Octa, A. (2019). Literature Review: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Bengkel Resmi Menggunakan Sistem Manajemen Pelanggan Elektronik. Inform. J. Ilmu Komput, vol. 4221.

Pulkrabek, W. (1997). Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. Wisconsin: Prentice-Hall.

Rodríguez-Fernández, J., Ramos, A., Barba, J., Cárdenas, D., & Delgado, J. (2020). Improving fuel economy and engine performance through gasoline fuel octane rating. Energies, 13(13), p.3499.

Saifudin, M., & Susila, I. (2018). Uji Performa dan Uji Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor Berbahan Bakar BIOETHANOL Dari Tetes Tebu. Jurnal Teknik Mesin, 6(2).

Wardhana, M., Ilminnafik, N., & Sumarji, S. (2018). Pengaruh Panjang Pipa Katalis Annulus Konsentris Pada HCS (Hydrocarbon Cracking System) Terhadap Torsi Motor Bakar 4-Langkah. STATOR: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 1(1), 82-84.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v8i1.57443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats