Pengaruh Penambahan Unsur Aluminium Murni pada Bahan Aluminium Scrap Terhadap Ketangguhan Impak dan Struktur Mikro Hasil Pengecoran Velg Motor Honda

Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Rusiyanto Rusiyanto, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh penambahan aluminium murni pada bahan aluminium scrap terhadap ketangguhan impak dan struktur mikro. Paduan yang digunakan nantinya adalah scrap dengan penambahan unsur aluminium murni yang divariasikan. Presentase komposisi didapatkan dari perbandingan unsur aluminium pada velg sepeda motor original market sebesar 92% dan scrap sebesar 81%. Varian material yang diteliti adalah variasi penambahan aluminium sebesar 4%, 8% dan 12%, serta material velg sepeda motor. Sering dikeluhkan karena mengalami beban kejut dan retak karena benturan. Proses pembuatan menggunakan peleburan dengan penambahan aluminium murni. Selanjutnya hasil peleburan diuji secara mekanis menggunakan pengujian kekuatan impak dan stuktur nikro dengan standart ASTM. Hasil dari pengujian diperoleh bahwa penambahan unsur aluminium 12% pada scrap memiliki kekuatan impak terbesar yaitu 0.0347 J/mm2dibandingkan dengan velg sepeda motor sebesar 0,0336 J/mm2. Aluminium yang ditambahkan berfungsi untuk memberikan sifat keuletan pada suatu material sehingga mempengaruhi perubahan sifat mekanis. Terlihat pada hasil struktur mikro memiliki fasa eutetik yang semakin rapat dan hampir memiliki kesamaan dengan velg sepeda motor. Dapat disimpulkan bahwa penambahan aluminium mampu mempengaruhi kekuatan impak yang menyebabkan kerapatan fasa aluminium silikon pada material.

This study aimed to determine the effect of pure aluminum addition to aluminum scrap material on impact toughness and microstructure. This experiment studied an alloy of scrap aluminum and the addition of pure aluminum into it in various amounts. A spectrotest yields the aluminum element composition is 92% on the original motorcycle rim and 81% on the scrap aluminum. The studied variation of pure aluminum addition is 4%, 8%, and 12%. The manufacturing process uses smelting, and pure aluminum was added during the process.  The smelting products were tested mechanically using impact strength and microstructure according to ASTM standard.  The results show that the highest impact strength is from the addition of 12% pure aluminum. The impact strength is 0.0347 J/mm2, compared to the original motorcycle rim of 0.0336 J/mm2. The added aluminum serves to provide ductility to the alloy, increasing its mechanical properties. Test results show that the microstructure has an increasingly tight eutectic phase and has almost the same characteristics as the original motorcycle rim.  It can be concluded that the addition of aluminum affects the impact strength, in which it causes a dense aluminum-silicon phase of the material.


Keywords


aluminium, scrap, impak, struktur mikro, velg sepeda motor, aluminum, scrap, impact, micro structure, motorcycle rims

Full Text:

PDF

References


Awali, Jatmoko, dkk. 2018. Pelatihan Daur Ulang Logam (Aluminium) Bagi Masyarakat Karang Joang. Indonesia Journal Of Community Engagement 4 (1): 1-10.

Bintoro, W., M., dkk. 2013. Penerapan Metode Sentrifugal Pada Proses Pengecoran Produk Komponen Otomotif Velg Sepeda Motor. Jurnal Energi dan Manufaktur 6 (2): 135-142Pamungkas, A, H, S., dkk. 2019. Analisis Kualitas Repair Welding Cast Wheel Aluminium Menggunakan Metode Pengelasan Oksi-Asetilin Dengan Perlakuan Preheating Dan Post Weld Heat Treatmen. NOZEL 01(01): 31-36.

Iswanto, P. T., Akhyar, H., Aditya, J. 2019. Fatigue Behavior Improvement of A356 Aluminum Alloy of Motorcycle Cast Wheel Produced by High Speed Centrifugal Casting Based on T6 Heat Treatment and Artificial Aging. Materials Science Forum 991, pp. 86-93

Merlin, M., Giulio T.,, Franco B., Gian L. G. 2009. Impact behaviour of A356 alloy for low-pressure die casting automotive wheels. journal of materials processing technology 209: 1060–1073

Nugroho, Agung. 2015. Pengaruh Penambahan Unsur Ti-B Terhadap Struktur Mikro Hasil Pengecoran Centrifugal Dengan Bahan Dasar Alumunium Velg Bekas. Jurnal Teknik Unisfat 10 (2): 72-85.

Nugroho, E dan Hudawan, Y. 2016. Pengaruh Variasi Putaran Cetakan Dan Penambahan Inokulan Ti-B Pada Centrifugal Casting Terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Paduan Aluminium A356.0. Jurnal Teknik Mesin Univ. Muhammadiyah Metro 5(1): 57-61.

Oztruk, Ismail. Et al. 2018. Effects of strontium addition on the microstructure and corrosion behavior of A356 aluminum alloy. Journal of Alloys and Compounds pp. 1-21.

Rasyid, Syaharuddin dan Muas M. 2017. Analisis Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Paduan Aluminium Adc12 Dengan Teknik Pengecoran Semi Solid (Rheocasting). Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) (pp.1-6).

Sari, D. R., Rusiyanto, Widodo, R. D,. Pramono. 2017. Pengaruh Thermal Shock Resistance Terhadap Makro Struktur Dan Ketahanan Ompact Kowi Pelebur (Crusibble) Berbahan Komposit Abu Sekam Padi/ Grafit/ Kaolin. Jurnal Kompetensi Teknik 9(1): 53-59.

Siagian, S, J,.I ketut ,G. S,. Cok Istri.P. K. K,. 2017. Pengaruh Permeabilitas Cetakan Pasir dan Penambahan Silikon(Si) pada Proses Pengecoran Terhadap Kekerasan, Porositas dan Struktur Mikro Alumunium Silikon (Al-Si). Teknik Desain Mekanika 6 (4):305–310

Siswanto, R. (2014). Analisis pengaruh temperatur dan waktu peleburan terhadap komposisi Al dan Mg menggunakan metode pengecoran tuang. Jakarta. Seminar Nasional Teknik Mesin Universitas Trisakti 20 Februari 2014 ISBN: 978-602-70012-0-6 : Jurusan Teknik Mesin Akademi Teknik Pembangunan Nasional.

Surdia, T. dan S, Saito. 1999. Pengetahuan Bahan Teknik. Jakarta: Pradnya Paramita.

Surojo, E dkk. 2009. Pengaruh Remelting Terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan Paduan Al-Si. Jurnal Mekanika 8(1): 126-129.

Wardhana, B. S. 2014. Pengaruh Penambahan Fraksi Berat Zirconia terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Komposit Aluminium Diperkuat Zirconia yang diproduksi dengan Metalurgi Serbuk. Jurnal Rekayasa Mesin 5 (3): 263 – 269.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i1.36643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats