Relevansi Kurikulum CAD SMK Bidang Keahlian Teknik Pemesinan dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri

Realto Bagyo, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Yatin Ngadiyono, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


This research aims to determinate the relevance of CAD curriculum in machining expertise of Vocational High School (SMK) to the work world and industry needs in the Special Region of Yogyakarta and quantify the level of relevance. This research also aims to study the competencies required in the industry which are not accommodated in The SMK 2013 Ccurriculum for machining expertise. The methods for this research is a descriptive study with a quantitative approach. The results showed that CAD competencies in the 2013 SMK Curriculum are relevant to the competencies needed by the industry. The level of relevance of the curriculum to the industry needs is 81.67%, or categorized as relevant. The CAD competencies in the 2013 Curriculum are all relevant and needed for the industry, but there are some competencies that have not been accommodated, namely 3D sheet metal modelling, 3D patterns, 2D sheet metal drawings, CAD drawing for CNC machining, Post processing into CAD/CAM software, plate thickness selection, and the use of bending and roll features.

Tujuan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui relevansi kurikulum CAD SMK bidang keahlian teknik pemesinan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Industri (DUDI) di Daerah Istimewa Yogyakarta, mengetahui seberapa besar tingkat relevansi antara kurikulum CAD SMK dengan kebutuhan DUDI dan mengetahui kompetensi yang dibutuhkan di industri namun belum terdapat dalam kurikulum 2013 teknik pemesinan SMK. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi CAD dalam  Kurikulum 2013 SMK relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Besar tingkat relevansi kurikulum CAD SMK dengan kebutuhan industri sebesar 81,67% atau termasuk dalam kategori relevan. Seluruh kompetensi CAD dalam Kurikulum 2013 SMK dibutuhkan oleh industri, namun terdapat beberapa kompetensi yang perlu ditambahkan yaitu Membuat gambar 3D sheet metal, membuat pattern 3D, Membuat gambar 2D sheet metal, memahami proses gambar untuk CNC, dapat mengimport file ke dalam program MasterCAM, Menetapkan ketebalan plat, dan Penggunaan fungsi bending dan roll.


Keywords


relevance curriculum, industry needs, relevansi kurikulum CAD, kebutuhan industri

Full Text:

FULL PAPER

References


Abdullah Idi. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Benny A Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nugroho Wibowo. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 23. Nomor 1, 45-50.

Pemerintah Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Pasal 3 Ayat (2) tentang Tujuan SMK.

Sekretaris Kabinet Republik Indonesia. (2016). Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryadi. (2010). Permasalahan dan Alternatif Kebijakan Peningkatan Relevansi Pendidikan (Studi Relevansi Pendidikan Kerjasama UPI dengan Balitbang Kemendiknas). Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/Seminar_Internas.NFE.

Thomas Sukardi & Putut Hargiyarto. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK dalam Rangka Terwujudnya Link and Match antara Sekolah dengan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 16. Nomor 2, 141-163.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i1.30995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats