Design of HHO Generator to Reduce Exhaust Gas Emissions and Fuel Consumption of Non-Injection Gasoline Engine

Harman Harman, Jurusan Teknik Mesin, Akademi Teknik Soroako
Ahyar Ahyar, Jurusan Teknik Mesin, Akademi Teknik Soroako

Abstract


The continuous increase of fuel consumption has caused fossil fuel shortages, rising its price tremendously. Transportation activities have the largest contribution to air pollution in the form of exhaust gas compared to other industrial activities. Various methods have been used to reduce the air pollution level as well as reducing fuel consumptions, one of which is the use of environmentally friendly fuel gas. The fuel gas is obtained from the electrolysis of water into oxy-hydrogen gas (HHO) as an additive in the fuel combustion process. The research methodology is experimental research which consists of designing and manufacturing of HHO, and field testing. In the planning and manufacturing stages, an HHO generator is produced, equipped with an input voltage regulator in order to produce the gas as needed, with shape and size adapted to the available space on the engine room. The testing stage was conducted on a 1781 cc engine, 2015 Toyota pick up truck which included laboratory test and on the road test. The results show that by activating the HHO generator, there is a reduction of CO and HC emissions, and also a reduction in fuel consumption when compared to the operation of the vehicle at the same load but without HHO generator.

Meningkatnya konsumsi bahan bakar minyak secara terus menerus menyebabkan kelangkaan ketersediaan bahan fosil di alam, sehingga harganya menjadi mahal. Kegiatan transportasi menyumbangkan polusi udara dari hasil emisi gas buang kendaraan terbesar dibanding kegiatan industri lainnya. Oleh karena itu dilakukan berbagai cara untuk menurunkan tingkat polusi udara sekaligus menurunkan konsumsi bahan bakar minyak. Salah satunya adalah penggunaan gas bakar ramah lingkungan yang diperoleh dari elektrolisis air gas oksihidrogen (HHO) sebagai bahan tambah dalam proses pembakaran bahan bakar. Metodologi penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang terdiri atas perancangan dan pembuatan generator HHO serta pengujian lapangan.  Pada tahap perancangan dan pembuatan dibuat generator gas HHO yang dilengkapi dengan pengatur tegangan input agar menghasilkan gas sesuai kebutuhan, dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan tempat yang tersedia pada ruang mesin. Sedangkan pengujian dilakukan pada Mobil Toyota Kijang Pick Up 1781cc pembuatan tahun 2005 yang meliputi uji laboratorium dan uji jalan di jalan raya.  Hasil yang diperoleh bahwa dengan mengaktifkan generator HHO, terjadi penurunan emisi CO dan HC serta penurunan konsumsi bahan bakar pada beban yang sama, dibandingkan jika kendaraan dioperasikan tanpa generator HHO

 


Keywords


oksi-hidrogen, motor bensin, emisi gas buang

Full Text:

FULLPAPER

References


Emmanuel Zoulias; Elli Varkaraki et. al. ___. A Review on Water Electrolysis, Centre for Renewable Energy Sources (CRES), Pikermi, Greece.

Harman, H., Arif, E. and Hasan, D., 2015. Pengaruh Penambahan Gas Oksihidrogen Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Berbahan Bakar Pertamax. DINAMIKA–Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7(1).

Hasan, A., 2011. Aplikasi Sistem Fuel Cell Sebagai Energi Ramah Lingkungan di Sektor Transportasi dan Pembangkit. Jurnal Teknologi Lingkungan, 8(3).

Kosar, Murat; Ozdalyan, Bullent; Celik, M.Bahattin. 2011. The Usage of Hydrogen for Improving Emissions and Fuel Consumption in a Small Gasoline Engine. Journal of Thermal Science and Technology, Turkey.

Miranti Wiyandari. 2010. Hubungan Volume Kendaraan terhadap Konsentrasi Polutan NOX di Udara. Skripsi Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Lingkungan. Universitas Indonesia, Jakarta.

Nanny Kusminingrum; G. Gunawan. 2008. Polusi Udara akibat aktifitas kendaraan bermotor di jalan perkotaan Jawa dan Bali, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Bandung.

Purnomo, Rizki Eko. 2010. Pengujian Performa Generator HHO dengan Air Kemasan dan Pengaruhnya terhadap Engine Generator Set JF154 1500DC. Institut Teknologi 10 Nopember, Surabaya.

Sudrajat, Ajat; Ariffin, Eddy. 2011. Manfaat Gas HHO Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Paper Seminar Nasioanal pada Konvensi Nasional BKM-PII, Jakarta.

Sunyoto, Abi. 2011. Oxyhidrogen Hasil Proses Elektrolisa sebagai Aditif Bahan Bakar Motor Bakar. Paper Seminar Nasioanal pada Konvensi Nasional BKM-PII, Jakarta.

Saipul Rijal Juniansyah. 2015. Prototype Hydrogen Fuel Generator Dry Cell Type (Produksi Gas Hidrogen Ditinjau dari Variasi Konsentrasi Elektrolit Asam Klorida dengan Suplai Tegangan Listrik). Laporan Tugas Akhir S1 Terapan, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG

Yilmaz, Ali Can; Uludamar, Erinc; Aydin Kadir. 2010. Effect of hydroxy (HHO) gas addition on performance and exhaust emissions in compression ignition engines. International Journal of Hydrogen Energy.ELSEVIER




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats