IMPLIKATUR PERCAKAPAN (SEBUAH TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK)

Burhan Nurgiyantoro,

Abstract


Dalam percakapan sehari-hari orang tidak selarnanya
mempergunakan bentuk-bentuk kebahasaan yang bermakna
literal, meJainkan juga memakai bentuk-bentuk lain yang 0ermakna
tidak langsung. Walau antara bentuk kebahasaan yang
dipakai dengan makna yang dimaksud tak ada kesesuaian,
orang rnasih dapat memahami maksud pembicaraan dengan
membuat implikatur-implikatur. lrnplikatur merupakan makna
ekstra yang sengaja diinferensikan untuk menjembatani
perbedaan antara bentuk kebahasaan yang dipakai dengan
makna yang dimaksudkan dalam konteks prakmatik
percakapan. Implikatur memberikan penafsiran pragmatis
yang mampu melewati dan rr:enembus b,atas-batas struktural
linguistik. lmplikatur' lebih diderivasikan dari struktur logika
atau semantis daripada 'struktur lahir kebahasaan.
Untuk dapat memanfaatkan implikatur secara b~ik.
ada semacam aturan yang perlu dipatuhi pembicara, yaitu
yang disebut maksiro percakapan. Ada empat macam maksim.
yaitu maksim kualitas yang bei"kaitan dengan kebenaran
informasi yang dikatakan, maksiro kuantitas yang berupa
tuntutan berbicara seperlunya, maksim relasional yang bcrkaitan
dengan kerelevansian dengan sesuatu yang dituturkan,
dan maksim 'cara yang berwujud cara mengemukakan sesuatu.
Maksiro Cara inilah yang dalam banyak hal menentukan stile"
penuturan seseorang. Bentuk metafora -yang memiliki keunggulan
karena kemarnpuannya rnengemukakan banyak dengan
sedikit kata- yang sering ban yak dipergunakan dalam percakapan
dapat dipahami dengan memanfaatkan jasa implikatur
terutama yang berupa maksiro relasional. Dampak bagi pengajaran
bahasa dan sastra di sekolah adalah perlunya pengajaran
pembuat~n implikatur-implikatur karena kemampuan itu
tak akan diperoleh begitu saja oleh anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter