BEBERAPA PERUBAHAN SEMANTIK, LEKSIKAL PADA BAHASA INDONESIA (Suatu Kajian Historis Komparatif )

Pujiati Suyata,

Abstract


Bahasa adalah organisme yang hidup; organ-organnya selalu ada yang tetap tinggal, menyusut atau berkembang. Beberapa hal dapat terjadi dengan perkembangan ini, antara lain terjadinya perubahan makna pada taraf leksikon bahasa atau disebut juga dengan perubahan semantik leksikal bahasa.

Perubahan semantik leksikal yang biasanya diikuti oleh perubahan fonetik merupakan gejala yang wajar dalam suatu bahasa. Demikian pula dalam bahasa Indonesia. Dalam perkembangannya ternyata semantik leksikal bahasa Indooesia juga mengalami perubahan-perubahan.

Di kalangan remaja karena kemajuan zaman timbul tuntutan untuk mengendarai sepeda motor. "Hooda" adalah salah satu merk sepeda motor yang ada di samping Suzuki, Yamaha atau yang lain. Tetapi sekarang ini dalam masyarakat timbul istilah "Honda" yang juga bermakna merk-merk sepeda motor yang lain. Makna "Honda" sudah mengalami perluasan. Demikian' pula untuk “Kodak” dan “Odol”.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter