HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KEWIRASWASTAAN DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN MINAT BERWIRASWASTA 2 PADA SISWA SMK NEGERI 2 WONOSARI

Siti Mubassaroh, Triana Noor Edwina Dewayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara pengetahuan tentang kewiraswastaan dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari, (2) hubungan antara dukungan orangtua dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari, dan (3) hubungan secara bersama-sama antara pengetahuan tentang kewiraswastaan dan dukungan orangtua dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari. Sampel penelitian ditentukan dengan metode cluster sampling dan banyaknya jumlah sampel yang diteliti adalah 128 siswa. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunakan terdiri atas tes pengetahuan tentang berwiraswasta, skala dukungan orang tua, dan skala
minat berwiraswasta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan positif antara pengetahuan tentang kewiraswastaan dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari, (2) ada hubungan positif antara dukungan orangtua dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari, dan (3) ada hubungan antara pengetahuan tentang kewiraswastaan dan dukungan orang tua secara bersama-sama dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari.


Full Text:

PDF PDF

References


Aprilianty, E. (2012). Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Wirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(3), 311-324.

Barbosa, S.D. (2007). The Role of Cognitive Style and Risk Preference on Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial Intention. Journal of Leadership and Organizational Studies. 13(4), 86-104.

Cohen, S., Underwood, L.G. & Gotlieb, B.H. (2000). Social Support Measurement and Interventions: Guide for Health and Social Scientist. New York: Oxford University Press.

Dhitaningrum, M. & Izzati, U.A. (2013). Hubungan Antara Persepsi Mengenai Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. 1(2), 1-6.

Hisrich, R.D., Peter, M.P. & Shepherd, D.A. (2008). Enterpreneurship. New Jersey: Prentice Hall.

Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha

dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap

Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal

of Economic Education. 1(1), 45-52.

Kusumantoro. (2007). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa SMK Koperasi Yogyakarta untuk Berwiraswasta. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2(2), 205-220.

Muslih, M., Khumaedi, M. & Janan, D.H.A. (2008). Pengaruh Informasi Kewiraswastaan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwiraswasta. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 8(1), 26-30.

Putra, G.L.P. (2013). Faktor Internal dan Eksternal terhadap Minat Pemuda untuk Berwirausaha di desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 1(1), 1-15.

Sarafino, E.P. (2002). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. NY: John Wiley & Sons, Incorporated.

Saragih, R. (2013). Peranan Dukungan Keluarga dan Koping Pasien dengan Penyakit Kanker terhadap Pengobatan Kemoterapi di RB 1

Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Tahun 2010. Jurnal Online Universitas Darma Agung, http://uda.ac.id/jurnal/

files/Rosita%20Saragih2.pdf, diakses tanggal 25 Juni 2013

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, A., Ariani, S.R.D. & Saputro, S. (2013). Profil Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Produktif, Kualitas Produk, dan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Semester 1 Kompetensi Keahlian Kimia Industri SMK N 2 Sukoharjo Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(2), 156-165.

Wijandi, S. (2004). Pengantar Kewiraswastaan. Bandung: Sinar Baru.

Wijaya, T. (2007). Hubungan Adversity Intelligence dengan

Intensi Berwirausaha (Studi Empiris pada Siswa SMKN 7

Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 9(2), 117-127.

Wiklund, J. & Shepherd, D. (2003). Knowledge-Based Resources,

Entrepreneurial Orientation, and the Performance of Small and Medium-Sized Businesses. Strategic Management Journal. 24,

-1314.

Yuwono, S. & Partini. (2008). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan terhadap Tumbuhnya Minat Berwirausaha. Jurnal Penelitian Humaniora. 9(2), 119-127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter