VIKASE (VIDEO-KARYAWISATA SEJARAH) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENGGABUNGKAN METODE CERAMAH, VIDEO, KARYAWISATA DAN DISKUSI AKTIF BAGI PARA SISWA

Windu Cahyani Romadloniy, State University of Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Model pembelajara Vikase mendekati pada model pembelajaran discovery-inquiry. Model discovery-inquiry adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada proses pemecahan masalah, Siswa atau peserta didik wajib menjalankan eksplorasi berbagai informasi agar dapat menentukan konsep permasalahannya sendiri.

Tulisan ini mencoba mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Vikase. Model pembelajaran ini membawa para peserta didik untuk mengikuti perjalanan ke berbagai destinasi wisata bersejarah di Magelang, baik wisata agama maupun perjuangan kemerdekaan. Para siswa atau peserta didik selanjutnya diminta membuat presentasi yang terbagi menurut kelompok kecil. Tugas presentasi memberikan jawaban atas soal yang diberikan oleh pendidik guna mengidentifikasi destinasi wisata menurut focus sejarah yang dipelajari dan pelajaran apa yang bisa dipetik dari perjalanan wisata sejarah tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i1.50144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats