ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOK-R TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Syela Joe Dhesita, Islamic State Senior High School Sukoharjo, Indonesia

Abstract


Pendidikan sebagai poros utama lahirnya sebuah peradaban harus berinovasi dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21. Pendidikan abad 21 diharapkan dapat melahirkan generasi yang memiliki inovasi dan ketrampilan belajar. Mampu menggunakan dan mengakses media informasi serta dapat bekerja dan menggunakan ketrampilannya untuk bertahan hidup atau memiliki life skills. Rendahnya kemampuan Literasi menjadi permasalah uama bangsa Indonesia dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21. Guru sebagai sendi utama pendidikan harus turut mengambil epran dalam perubahan ini, sala satunya adalah dengan melakukan inovasi model pembelajaran. Dalam penelitian ini inovasi yang ditawarkan adalah model pembelajaran LOK-R sebagai solusi peningkatan kemampuan literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas XI IPS 1 MAN Sukoharjo, Jawa tengah. Teknik pengumpulan data adalah studi literatur, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Model pembelajaran LOK-R dapat digunakan menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan literasi sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran ini telah memanfaatkan pembelajaran berbasis literasi dimana bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami teks dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi sehingga terbentuk pribadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu proses pembelajaran yang dilakukan dengan tahapan Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan refleksi ini mendorong peserta didik untuk berpikir kritis hingga pada akhirnya siswa memiliki kemampuan mengelolah informasi dan berkomunikasi secara kreatif baik verbal maupun tulisan, bahkan digital dan visual. Harapannya diterapkannya pembelajaran LOK-R pada pelajaran sejarah dapat melahirkan generasi mud ayng memiliki kepekaan social dan tidak skeptis terhadap perkembangan bangsa hingga akhirnya dapat berperan aktif dalam persaingan global secara positif.

Key Word : Model Pembelajaran LOK-R, Litersi Sejarah, Inovasi Pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i1.50113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats