Efektivitas Penggunaan Aplikasi Tiny-Scanner Dalam Model STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 11 MIPA Pada Materi Transformasi Geometri di SMA Negeri 9 Yogyakarta

Ati Lasmanawati, , Indonesia

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI.MIPA pada materi Transformasi Geometri melalui efektivitas penggunaan aplikasi Tiny Scanner dalam model STAD. Penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen design tipe posstest-only control design, dilakukan pada peserta didik kelas XI.MIPA-4 (kelas eksperimen) dan kelas XI.MIPA-5 (kelas kontrol) untuk materi Transformasi Geometri Tahun Pelajaran 2018/2019. Tahapan penggunaan aplikasi Tiny Scanner dalam model STAD, yaitu 1) persiapan; 2) penyampaian informasi; 3) organisir peserta didik; 4) pemberian tugas; 5) membantu kerja kelompok dalam belajar; 6) menguji materi; 7) kuis; dan 8) penghargaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari lembar observasi, tes tertulis, dan tes praktek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan Tiny Scanner dalam model STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI.MIPA pada materi Tranformasi Geometri. Efektivitas penggunaan aplikasi Tiny Scanner dilihat dari nilai rata-rata sikap peserta didik kelas eksperimen yang pada umumnya sudah mencapai predikat Sangat Baik (SB). Kompetensi pengetahuan nilai rata-ratanya sebesar 79,19 sudah melampaui KKM, dan nilai ini lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya sebesar 68,56. Capaian nilai rata-rata untuk kompetensi keterampilan sebesar 81,00 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hanya sebesar 70,00. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf kesalahan α = 5%, n1 = 35, n2 -= 34, dk1 = 34, dan dk2 = 33 dengan nilai uji rata-rata pada kompetensi pengetahuan (thitung) adalah 3,109 dan ttabel = 2,033. Karena nilai thitung > ttabel  maka hasil ini uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan aplikasi Tiny Scanner dalam model STAD terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI.MIPA pada materi Transformasi Geometri Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords


Aplikasi Tiny Scanner;Model STAD;Efektivitas;Hasil Belajar



DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i2.27588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats