Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa

Siti Kawiyah, SMA Negeri 2 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa  kelas X di SMA semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 3D (Define, Design, Develop) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall.  Subyek penelitian ini adalah 136 siswa  kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi persaman kuadrat, fungsi kuadrat dan peluang yang, meliputi  RPP, LKS, TPB dan TKPM. Dari hasil validasi ahli, skor penilaian guru, penilaian siswa, observasi pembelajaran dan tes evaluasi menunjukkan bahwa RPP, LKS, TPB dan TKPM adalah  valid, praktis, dan efektif. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran saintifik, prestasi,  pemecahan masalah

 

Development of Scientific-Based Mathematics Learning Resources for Enhancing Problem Solving Ability and Student Learning Achievement

 

Abstract

This research’s aim is to produce scientific-based mathematic learning kit to enhancing problem solving ability and student leaing achievement in 2ndsemester of 10th grade highschool student. This research’s type is research and development. This research evolving learning resources with 3D development model: Define, Design, and Develop that developed by Borg and Gall. This research’s subject were 136 students grade 10th in SMAN 2 Yogyakarta. Data analysis using conversion of all actual score that reputed as five scale qualitative data. This research produce learning resources of quadratic agreement, quadratic function, and possibility that include teaching plan (RPP), student’s worksheets (LKS), student’s achievement test (TPB), and problem solving ability test (TKPM) that valid, practical, and effective. Overall, this research’s result showing that learning resources are suitable for using in class.

Keywords: development, scientific learning kit, achievement, problem solving. 

Keywords


development; scientific learning kit; achievement; problem solving

Full Text:

PDF

References


Anti Wijayanti. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.MIA 2 SMA Negeri Banjar. Prosiding SENDIMAT ke 2 P4TK Matematika 27-28 Nopember 2014

Aliyah, U.H., Suyitno, H., Agoestanto, A. (2014). Keefektifan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun II No 1

Borden, K.S. & Abbott, B.B. (2008). Reseach design methods. New York, NY: McGraw Hill Companies, Inc

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational reseach an introduction. New York, NY : Longman.

Buxton, C.A. & Provenzo, E.F. (2007). Teaching science in elementary & middle school. California, CA: SAGE Publication, Inc

Desai, V & Potter, R.B. (2006). Doing development research. London: Sage Publications.

Dyer, Gregersen & Christensen. (2011). The innovator’s dna mastering the five skill of disruptiv innovator. Boston, MA: Harvard business review press

Ebel, R. L., & Frisbie, D. A. (1986). Essentials of educational measurement (4th ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.

Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan 13 (2):1-10)

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Virginia, VA : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nieveen, N., et al. (1999). Prototyping to reach product quality. London: Kluwer Academic Publisher.

Newby, T.J., et al. (2000). Instructional technology for teaching and learning: designing instruction, integrating computers, and usong media. Columbus, OH: Merill

Nitko, A.J., & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students. Columbus, OH : Merill.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 81 a Tahun 2013 Tentang Implementasi kurikulum pedoman umum pembelajaran. Depdiknas.

Permendiknas No 65 tahun 2013 Tentang Standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Poppy, Sofiraeni & Khaeruddin. (2009). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk guru SMP. Bandung. P4TK IPA

Setiawan, R., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2679

Skemp, R. (1971). The psychology of learning mathematics. Baltimore: Routledge

Zamroni. (2000). Paradigma pendidikan masa depan. Yogyakarta: Bigraf Publising.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats