Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar

Arifin Riadi, , Indonesia
Heri Retnawati, Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan higher-order thinking skills (HOTS) menggunakan problem-based learning (PBL) yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif, serta instrumen evaluasi berupa tes yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi tiga tahap pengembangan yaitu studi pendahuluan, desain produk, dan tahap pengembangan dan evaluasi. Aspek kevalidan perangkat pembelajaran ditinjau dari penilaian para ahli dan mencapai kategori valid. Aspek kepraktisan mencapai kategori sangat praktis ditinjau dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, penilaian guru, dan penilaian siswa. Aspek keefektifan telah tercapai ditinjau dari HOTS siswa. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa HOTS siswa mencapai kategori A di SMP Negeri 1 Daha Utara dan kategori B di SMP Negeri 2 Daha Utara.

Kata kunci: pengembangan, higher-order thinking skills, problem-based learning

 

Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence

 

Abstract

This  research  was  aimed  to  develop  a  learning  kit  for  flat  side  of  space  competence  to  improve higher-order thinking skills using problem-based learning, consisting of valid, practical, and effective syllabuses, lesson plans, worksheets, and the valid and reliable of evaluation instrument i.e. test. The research is a development research, which was carried out by the implementation of Borg & Gall (1983) development model, which modified into three stages: preliminary study, product design, and development and evaluation. The result of validation by expert jugdement shows that the developed learning kit is feasible to use with valid category. The aspects of practicality was falls into practical category based on observation of learning implementation, and teacher’s and student’s assessment. The aspect of effectiveness could be reached from the student’s HOTS. The result of field study shows that student’s HOTS category gets A at SMP Negeri 1 Daha Utara and B at SMP Negeri 2 Daha Utara.

Keywords: development, higher-order thinking skills, problem-based learning

Keywords


development; higher-order thinking skills; problem-based learning

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2010). Tes prestasi: Fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research an introduction (4th Ed.). New York, NY: Longman, Inc.

BSNP. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: Standar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Education, 1,1, 2007.

Kemendikbud. (2013a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013, tentang Standar Proses.

________. (2013b). Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum.

Presiden. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, T., Sugianto, & Junaedi, I. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan higher order thinking. UJRME 1 (1).

Thomas, A., & Thorne, G. (2009). Higher level thinking-It’s HOT!. Artikel diambil pada tanggal 13 Juli 2014 dari http://www.cdl.org/articles/higher-order-thinking-its-hot/




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats