Identifikasi preferensi anggota pusat kebugaran klinik kesehatan dan olahraga Universitas Negeri Yogyakarta

Ahmad Ridwan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharjana Suharjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ahmad Nasrulloh, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jodi Visnu, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Zakiyah Jehtae, The Faculty of Liberal Arts and Social Sciences, Fatoni University

Abstract


Fitness centre Health and Sport Clinic (HSC) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu pusat kebugaran berbasis sport science yang dukung dengan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia yang berkompetensi, sehingga menjadi salah satu pionir pusat kebugaran di Yogyakarta. Beberapa tahun belakangan banyak bermunculan pusat kebugaran baru yang menjadikan pesaing bagi fitness center HSC UNY. Fitness center HSC UNY akan mampu bertahan dan mengungguli pesaingnya dengan salah satu jalan, yaitu mengidentifikasi permintaan pasar yang dilakukan dengan cara melihat preferensi members dalam memilih sebuah fitness center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi members dalam memilih fitness centre HSC UNY. Penelitian ini menggunakan metode konjoin dengan populasi seluruh members fitness center HSC UNY yang kemudian dipilih sebanyak 96 members dengan teknik cross-sectional untuk menjadi responden penelitian. Instrument yang digunakan pada penelitian ini, yaitu angket atau kuesioner untuk memperoleh data. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor members memilih fitness center HSC UNY berdasarkan (1) harga atau biaya members sebesar 36,3%, (2) konsultasi sebesar 24,7%, (3) waktu tempuh sebesar 16,9%, (4) pemberi referensi sebesar 14,7%, dan (5) pengalaman PT sebesar 7,3%. Harga atau biaya menjadi faktor yang paling mempengaruhi keputusan members dalam memilih fitness center HSC UNY. Faktor berikutnya yang turut mempengaruhi, yaitu kemudahan konsultasi, waktu yang ditempuh, pemberi referensi, dan pengalaman personal trainer.

Identification of member's preferences fitness center health and sports clinic Yogyakarta State University 

Abstract


Fitness center Health and Sport Clinic (HSC) Yogyakarta State University (UNY) is one of the sports science-based fitness centers that is supported by facilities, infrastructure, and competent human resources, thus becoming one of the pioneers of fitness centers in Yogyakarta. In recent years, many new fitness centers have emerged that are competitors for the HSC UNY fitness center. The UNY HSC fitness center will be able to survive and outperform its competitors in one way, namely identifying market demand by looking at members' preferences in choosing a fitness center. This study aims to determine the preferences of members in choosing the HSC UNY fitness center. This study used the conjoint method with a population of all members of the UNY HSC fitness center which was then selected as many as 96 members with a cross-sectional technique to become research respondents. The instrument used in this study, namely a questionnaire or questionnaire to obtain data. The data that has been obtained were analyzed using quantitative data analysis techniques. The results of this study indicate that the members choose the HSC UNY fitness center based on (1) member prices or fees of 36.3%, (2) consultation by 24.7%, (3) travel time by 16.9%, (4) referrals by 14.7%, and (5) PT experience by 7.3%. Price or cost is the most influencing factor in members' decisions in choosing the HSC UNY fitness center. The next factor that also influences is the ease of consultation, the time taken, the reference provider, and the experience of the personal trainer



Keywords


preferensi; preferences; members; fitness center

Full Text:

PDF

References


Anggarkusuma, G., & Suharjana. (2010). Profil kebugaran awal member baru pria usia 20-25 di fitness center gedung. Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi F I K – MEDIKORA UNY. (n.d.). 77–90.

Amajida, A., Prasetyo, Y., Delano, E. H., & Humam, M. F. (2022). Level of customer satisfaction on the service quality personal trainer. Jurnal Keolahragaan, 10(1), 118 126. https://doi.org/10.21831/jk.v10i1.44898

Boerman, S. C., & Müller, C. M. (2022). Understanding which cues people use to identify influencer marketing on Instagram: an eye tracking study and experiment. International Journal of Advertising, 41(1), 6–29.

https://doi.org/10.1080/02650487.2021.1986256

Dewi, Herlina, M. G., & Boetar, A. E. M. B. (2022). The effect of social media marketing on purchase intention in fashion industry. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 355–362. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.1.002

Hidayat, T. (2017). Studi komparatif dua fitnes center terbesar di kota bandung dalam hal kualitas pelayanan dan sarana-prasarana serta pengaruhnya terhadap minat pengunjung. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 10.

https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6396

Kurnianto, A. N., & Rismayanthi, C. (2015). Program Latihan Dan Jasa Layanan Yang Diberikan Pada Members Fitness Di Yogyakarta. XIV(1).

Lestari, dwi, I. (2022). Model aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa sekolah menengah atas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5, 225–235. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i2.3740

Muh. Isna Nurdin Wibisana. (2022). Indeks Kebugaran Jasmani Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Universitas PGRI Semarang. Journal of Physical Education, Sport, and Health, 2, 1–6.

Nasrulloh, A. (2013). Strategi Pemasaran Fitnes Center dengan Menawarkan Program Latihan Beban yang Variatif. Journal of Chemical Information and Modeling.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nasrulloh, A., Sumaryanto., Sumarjo., & Nugroho, S. (2020). The Analysis of Management Function of Sport Hall (GOR) Yogyakarta State University.

https://doi.org/10.5220/0009785202960302

Nasrulloh, A., Sumaryanto, S., Sumarjo, S., & Nugroho, S. (2022). Evaluation Study: Functions of Management of Sports Facilities During the COVID-19 Pandemic. COIS-YISHPESS, 43, 1–17. https://doi.org/10.2991/AHSR.K.220106.001

Nasrulloh, A., Sumaryanto, Sumarjo, Nugroho, S., & Antoni, M. S. (2021). Does the Implementation of the Management Function Have an Impact on Service Quality? A Study at the HSC Fitness Center. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(5), 1019–1028. https://doi.org/10.13189/SAJ.2021.090524

Nasrulloh, A., Syafruddin, R. Z., & Yuniana, R. (2022). Characteristics of physical fitness level : a case study of new members male and female of the pasopati student regiment. 21(1), 20–30.

Nurhadi, F. I., Suherman, W. S., Prasetyo, Y., & Nasrulloh, A. (2022). Pengaruh latihan beban kombinasi dengan latihan aerobik terhadap berat badan dan persentase lemak tubuh pada remaja overweight The effect of weight training combined with aerobic exercise on body weight and body fat percentage in overweight adolescents. 18(2), 8–17.

Prasetyo, F., Rachmatsyah, A. D., & Atmojo, W. T. (2021). Model DSS Penentuan Produk Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Analisis Konjoin. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 11(1), 08.

https://doi.org/10.36448/expert.v11i1.1942

Pratama, D. R., Hidayah, T., & Setyawati, H. (2020). Pengaruh motivasi dan kualitas layanan personal trainer tehadap keputusan menjadi member fitness center. Journal of Sport Sciences and Fitness, 6(1), 27–34.

Profil kebugaran awal member baru pria usia 20-25 di fitness center gedung olahraga Oleh : Suharjana dan Gilang Anggarkusuma Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi F IK - UNY. (n.d.). 77–90.

Ridwan, A., Lumintuarso, R., & Visnu, J. (2021). Application (gym fit) as a fitness center marketing tool in digital era. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 4(3), 1046–1055.

Saputra, R. H., Baba, J. A., & Siregar, G. Y. K. S. (2018). Penilaian kinerja dosen menggunakan modifikasi skala likert dengan metode simple additive weighting. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 9(1).

https://doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1029

Suharjana. (2013a). Analisis program kebugaran jasmani pada pusat-pusat kebugaran jasmani di yogyakarta Oleh : Suharjana Dosen Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY. Medikora, XI, 135–149.

Suharjana, S. (2013b). Kebugaran Jasmani. Jogja Global Media.

Sumartini, Harahap, K. S., & Sthevany. (2020). Kajian pengendalian mutu produk tuna loin precooked frozen di perusahaan pembekuan tuna X. Aurelia Journal, 2(1), 29–38.

Ummah, H. (2022). Preferensi Konsumen Jamu Kunyit Asam di Madura. Jurnal Agriscience, 2, 729–742.

Vicente-Ramos, W., & Cano-Torres, L. M. (2022). The effect of digital marketing on the management of relationships with university students in times of covid-19. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 59–66.

https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.004

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh persepsi dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian hunian green product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183

Yuniana, R., & Nasrulloh, A. (2019). Pemasaran di lembah fitness centre universitas members satisfaction level toward marketing strategy in lembah fitness center Universitas. XVIII(1), 40–48.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v21i2.52623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MEDIKORA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats