Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih dan Air Kotor pada Rumah Tinggal Sederhana 2 Lantai pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung untuk Kelas XII Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Arfan Hibatullah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Satoto Endar Nayono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) memahami dan melaksanakan cara penyusunan modul gambar isometri instalasi air bersih dan air kotor; (2) mengetahui kelayakan modul isometri instalasi air bersih dan air kotor. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Hasil penelitian pengembangan modul ini adalah: (1) define, tidak tersedianya modul pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung, peserta didik terpaku pada guru; (2) design, terdapat empat pembahasan materi, modul tersusun dari tujuan pembelajaran, uraian materi, rangkuman, dan soal latihan; (3) development, saran yang didapat adalah (definisi utilitas bangunan dilengkapi, komposisi gambar dengan keterangan, dan ilustrasi menggunakan warna kontras dengan latar). Penilaian pada materi memperoleh skor 3,50 kategori sangat layak, penilaian media memperoleh skor 3,02 kategori layak, dan penilaian guru memperoleh skor 3,59 kategori sangat layak; (4) disseminate, penyerahan modul kepada guru KUG berupa softfile dan hardfile.

Development of Isometry Drawing Module Of Clean Water and Dirty Water Installation in a 2 Floor Simple Residential House in The Construction and Building Utilities Lesson for Class XII Modeling and Information Design Study Program at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Vocational School

Abstract

The aims of this research are: (1) to understand and implement the method of compiling an isometric drawing module for clean and dirty water installations; (2) determine the feasibility of the isometric module for clean water and dirty water installations. The methodology in this study uses a 4-D model research and development approach which consists of four stages, namely: define (definition), design (planning), develop (development), disseminate (dissemination). The results of the research on the development of this module are: (1) define, the unavailability of the Building Construction and Utilities learning module, students are fixated on the teacher; (2) design, there are four material discussions, the module consists of learning objectives, material descriptions, summaries, and practice questions; (3) development, the suggestions obtained are (definition of building utilities equipped, composition of images with descriptions, and illustrations using contrasting colors with the background). The assessment on the material received a score of 3.50 in the very appropriate category, the media assessment received a score of 3.02 in the appropriate category, and the teacher's assessment obtained a score of 3.59 in the very appropriate category; (4) disseminate, submit modules to KUG teachers in the form of softfiles and hardfiles.


Keywords


AutoCAD; modul; isometri; pengembangan; validasi; AutoCAD; module; isometry; development; validation;

Full Text:

PDF

References


Aldo, Ahmad (2020). Pembuatan Modul Pembelajaran Autocad Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Vol.II, No. 1,p.48)

Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional). (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS

Suryadi, A,. & Tilaar, H. (1994). Analisis kebijakan penidikan suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Roesda Karya

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan modul. Pusat teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: DEPDIKNAS.

Borg, W,. R,. & Gall, J,. P. (2002). Educational research: an Introduction (7th Ed.). New York: Pearson/Allyn & Bacon.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S,. Semmel, D,. S,. & Semmel, M,. I. (1974). Development for training teachers of exeptional children. Indiana: Indiana University




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.45346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 arfan hibatullah




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.