Pengembangan Modul Teknik Pengukuran Tanah untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Purworejo

Gunawan Sulistyo Budi Santoso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarjo H, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan mengetahui kelayakan modul mata pelajaran teknik pengukuran tanah di SMK N 1 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yakni: tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Hasil pengembangan modul pembelajaran: (1) Pada tahap pendefinisian, ditemukan tujuan pengembangan modul dari delapan KD yaitu teknik pengukuran tanah, prosedur K3LH, prosedur pengoperasian peralatan survei, prosedur pekerjaan survei dan pemetaan, teknik perawatan dan pengecekan alat, analisis hasil pengukuran, pelaporan hasil pengukuran dan evaluasi pengukuran, (2) Pada tahap perancangan, pendesainan modul dengan delapan kegiatan belajar yang terdiri dari petunjuk penggunaan modul, materi, tugas dan kunci jawaban, (3) Pada tahap pengembangan, hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 105 dengan rata-rata 3,5 dengan predikat sangat layak, hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 195 dengan rata-rata 4,1 dengan predikat sangat layak, serta hasil uji kelayakan oleh pengguna mendapatkan nilai 120 dengan rata-rata 4,0 sehingga modul mendapatkan predikat layak, (4) Pada tahap penyebarluasan, peneliti menyebarkan modul dengan mencetak sebuah modul dengan ukuran A4 dan penyebaran softfile modul.

Development of Soil Surveying Techniques Module for Class X Students of Building Modeling and Information Design Expertise Program at SMK Negeri 1 Purworejo

Abstract

The research aims to develop learning modules and determine the feasibility of the land surveying engineering subject module at SMK N 1 Purworejo. The research method used is the R&D method with a 4D development model consisting of four stages, namely: the definition stage, the design stage, the development stage, and the dissemination stage. The results of the development of the manual: (1) At the definition stage, the objectives of developing modules from eight KDs were found, namely soil measurement techniques, K3LH procedures, survey equipment operating procedures, survey and mapping work procedures, equipment maintenance and checking techniques, analysis of measurement results, reporting of results. measurement and evaluation of measurement, (2) At the design stage, the design of the module with eight learning activities consisting of instructions for using the module, materials, assignments and answer keys, (3) At the development stage, the results of validation by material experts get a score of 105 with an average an average of 3.5 with a very decent predicate, the validation results by media experts get a value of 195 with an average of 4.1 with a very decent predicate, and the results of the feasibility test by users get a value of 120 with an average of 4.0 so that the modul gets the predicate feasible, (4) At the dissemination stage, the researcher distributes the module by printing a module with A4 size and aran softfile module.

 


Keywords


Modul Teknik Pengukuran Tanah; SMK; Soil Measurement Engineering Module

Full Text:

PDF

References


Aisyah, I. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Ukur Tanah Untuk Siswa Kelas X SMK. Tugas Akhir Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. (2008) Penulisan Modul. Diunduh dari: http://gurupembaharu.com. pada tanggal 28 Februari 2021, jam 22.30 WIB.

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. (2020). Instrumen Penilaian Modul Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Jawab Barat: Alfabeta.

- . (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. (2016). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY Press.

Umar. (2017). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.

Umar, Husein. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Zaini, H. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.45186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gunawan Sulistyo Budi Santoso




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.