Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality For Bridge pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan untuk SMK Kelas XI DPIB

Nuryadin Eko Raharjo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Candra Dinata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality for Bridge (ABRI) pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan kelas XI DPIB di SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan waterfall. Model pengembangan waterfall memiliki tahap: analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Pada tahap analisis, masalah yang ditemukan yaitu media pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan interaktif, mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan masih abstrak. Diperoleh beberapa aplikasi yang akan digunakan untuk membuat media ini seperti AutoCAD, StarUML, Unity 3D dan Adobe Photoshop; 2) Pada tahap desain, perancangan gambar 2D dilakukan menggunakan aplikasi AutoCAD serta perancangan Unified Model Language (UML). Hasil dari UML terdiri dari use case diagram, activity diagram, dan sequence diagram; 3) Pada tahap pengkodean, hasil yang didapatkan berupa interface (tampilan antar muka) aplikasi yang merupakan hasil dari pengembangan rancangan yang dibuat pada tahap desain; 4) Pada tahap pengujian, terdiri dari pengujian materi dan media pembelajaran yang mengacu standar ISO 25010. Dari hasil pengujian yang sudah dilakukan, tingkat kategori rata-rata yang didapatkan adalah “Sangat Layak”.

Development of Augmented Reality For Bridge Learning Media in Road and Bridge Construction Subjects for Class XI DPIB Vocational High Schools

Abstract

The aim of this research is to developing learning media based on Augmented Reality for Bridge (ABRI) with the target subject of road and bridge construction for grade XI DPIB students at SMK N 2 Depok Sleman. This is a Research and Development (R&D) using the waterfall development model. The waterfall development model has several stages, including the analysis, design, coding, and testing stages. The result shows that; 1) In the analysis stage, problems found that the learning media used is less innovative and interactive, resulting in students' understanding of the subject matter presented is still abstract. Obtained several applications can be used to create media such as AutoCAD, StarUML, Unity 3D and Adobe Photoshop; 2) At the design stage, the design of 2D drawings is carried out using the AutoCAD and the design of the Unified Model Language (UML). The results of this UML consists of use case diagrams, activity diagrams, and sequence diagrams; 3) At the coding stage, the results obtained are in the form of an application interface which is the result of developing designs made at the design stage; 4) At the testing stage, consists of testing material and learning media that refers to ISO 25010 standards. From the results of the tests that have been done, the average category level obtained is "Very Feasible".


Keywords


Media Pembelajaran; Augmented Reality for Bridge; Konstruksi Jalan dan Jembatan; Media Learning; Augmented Reality for Bridge; Road and Bridge Construction

Full Text:

PDF

References


Adilah, G (2020) Lebih dari 300 Manufaktur Gencarkan Gencarkan Revolusi Industri 4.0. [Online]. Diakses dari: https://www.smarteye.id/blog/revol usi-industri-4-0-manufaktur/

Antara, A. (2017) Wow! Teknologi AR Muncul di Ratusan Juta Perangkat Android pada 2018. [Online]. Diakses dari: https://techno.okezone.com/read/20 17/11/10/207/1811819/wowteknologi-ar-muncul-di-ratusanjuta-perangkat-android-pada-2018

Anymous (2021) Di Masa Depan Augmented Reality Akan Gantikan Smartphone. [Online]. Diakses dari:https://voi.id/teknologi/34748/ di-masa-depan-i-augmentedreality-i-akan-gantikan-ismartphone-i

Mustaqim, I. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 13 No 2. pp. 174-183.

Sumardjo, S., Pratama, G. N. I. P., & Vemantyasto, T. N. (2020). Efektivitas Modul Estimasi Biaya Konstruksi Jalan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 104-116.

Titania, T., & Widodo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 89-94.

Trilling, B and Fadel, C. (2009) 21st Century Skills Learning for Life In Our Times, United States: JosseyBass.

Yahya, M. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Universitas Negeri Makasar: Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan FT Universitas Negeri Makassar.

Zubaidah, S. 2018. Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Seminar 2nd Science Education National Conference. pp. 1-18.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.