Efektivitas Penggunaan Jobsheet dalam Pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bandung

Dedi Purwanto, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Eddy Susanto, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bandung, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran Jobsheet merupakan salah satu bentuk median yang digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran penyaluran informasi untuk memperoleh aspek kognif, afektif dan psikomotor yang lebih baik. Di dalam proses pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMKN 5 Bandung, untuk memudahkan penyampaian materi baik teori maupun praktik perlu digunakan media yang dapat membantu proses pembelajaran yang dapat dijadikan pegangan untuk guru dan siswa di dalam proses praktikum. Media yang digunakan dalam proses pembelajaraan ini berupa Jobsheet. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana gambaran tingkat efektivitas dengan menggunakan Jobsheet dalam pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB di SMKN 5 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI DPIB V SMKN 5 Bandung yang berjumlah 34 siswa. Tingkat efektivitas penggunaan Jobsheet dalam pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan dilihat dari hasil belajar. Dari hasil analisis bahwa tingkat efektivitas penggunaan Jobsheet dalam pembelajaran menunjukkan hasil yang efektif sebagai media pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di Kelas XI DPIB di SMKN 5 Bandung dengan persentasi sebesar 79,4%.

The Effectiveness of Using Jobsheets in Learning Road and Bridge Construction Class XI Modeling Design and Building Information (DPIB) at State Vocational High School 5 Bandung

Abstract

Jobsheet learning media is one form of median that is used as an intermediary in the learning process for distributing information to obtain better cognitive, affective and psychomotor aspects. In the learning process of Road and Bridge Construction Class XI DPIB at SMKN 5 Bandung, to facilitate the delivery of material both theory and practice, it is necessary to use media that can help the learning process that can be used as a guide for teachers and students in the practicum process. The media used in this learning process is a Jobsheet. The purpose of this study was to find out how to describe the level of effectiveness using Jobsheets in learning Road and Bridge Construction Class XI DPIB at SMKN 5 Bandung. The method used is descriptive method. The sample used in the study were students of class XI DPIB V SMKN 5 Bandung, amounting to 34 students. The level of effectiveness of using Jobsheets in learning Road and Bridge Construction is seen from the learning outcomes. From the results of the analysis that the level of effectiveness of using Jobsheets in learning shows effective results as a learning medium for Road and Bridge Construction in Class XI DPIB at SMKN 5 Bandung with a percentage of 79.4%.


Keywords


Efektivitas; Jobsheet; Effectiveness, Jobsheet

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi Raja Grafindo Persada.

Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Panggabean, Luhut. (1989). Penelitian Pendidikan. Bandung. Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rishandi, Y. (2015) Efektivitas Penggunaan Job Sheet Dalam Pembelajaran Ukur Tanah Kelas X Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cirebon. DPTS FPTK UPI. Bandung.

Slavin. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, S., Pratama, G. N. I. P., & Vemantyasto, T. N. (2020). Efektivitas Modul Estimasi Biaya Konstruksi Jalan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 104- 116.

Titania, T., & Widodo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 89-94.

Yahya, M. (2014). Efektivitas Penggunaan Job Sheet pada Pembelajaran Praktik Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. Jurnal Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.