Pengembangan Modul Pembelajaran Mekanika Teknik untuk SMK Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan

Yohan Adi Putra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
V. Lilik Hariyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pada kegiatan pembelajaran, penggunaan modul merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran modul Mekanika Teknik untuk kelas X SMK kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan siklus 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket meliputi angket penilaian kelayakan media, angket penilaian kelayakan materi, angket penilaian kelayakan menurut guru mekanika teknik, dan angket penilaian proses pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap define dilaksanakan dengan sangat baik didapatkan skor 40 berada pada rentang 37,8 < X dan nilai konversi skala 100 sebesar 86,11; (2) Tahap design dilaksanakan dengan sangat baik didapatkan skor maksimal 20 berada pada rentang 16,8 < X dan nilai konversi sebesar 100; (3) Tahap development dilaksanakan dengan sangat baik didapatkan skor 19 berada pada rentang 16,8 < X dan nilai konversi sebesar 93,75. Hasil validasi adalah sebagai berikut: a) ahli media menyatakan modul “sangat layak” dengan skor 222 berada pada rentang 197,4 < X dan nilai konversi sebesar 93,085, b) ahli materi menyatakan modul “layak” dengan skor 163 berada pada rentang 142,8 < X < 176,4 dan nilai konversi sebesar 72,023, c) guru menyatakan modul “sangat layak” dengan skor 207 berada pada rentang 176,4 < X dan nilai konversi sebesar 98,21; (4) Tahap disseminate dilaksanakan dengan sangat baik didapatkan skor 5 berada pada rentang 4,2 < X dan nilai konversi sebesar 100.

Development of Engineering Mechanics Learning Module for Class X Vocational Schools Competency in Modeling Design and Building Information Skills

Abstrack

In the learning activities, the use of modules is one step to improve the quality of learning in students. The aim of this research is to develop an engineering mechanics learning module for X graded Vocational High School of design building information and modeling’s. This is a research development (R&D) with a 4D (Define, Design, Development and Disseminate) cycle development research model. The data was collected using questionaires. The questionnaire includes a media feasibility assessment, a material feasibility assessment, a teacher feasibility assessment, and a development process success assessment. The data was analysed using descriptive statistic method. The results of the research shows: (1) The define stage has done very well. This stage gets a score of 40, the score is in the range of 37.8 <176.4 and a conversion value is 72.023, c) The teacher stated that the module was "very feasible". The assessment gets a score of 207. The score is in the range of 176.4 >< X and a conversion value is 100.



Keywords


Penelitian & Pengembangan; Modul; Mekanika Teknik; Research & Development; Module; Engineering Mechanics

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Februari 2020: Tingkat Pengangguran Terbuka. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Baik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8, Nomor 1.

Pebrianto, F. (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka Per Februari 2020. Jakarta: Tempo.com.

Sanaky, H.A.H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Saputro, A. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad Untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN 2 Pengasih Yogyakarta. Skripsi. FT-UNY.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S: Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Development for Training Teachers of Exeptional Children: a Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Tim Penyusun Tugas Akhir. (2016). Pedoman Tugas Akhir UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumardjo, S., Pratama, G. N. I. P., & Vemantyasto, T. N. (2020). Efektivitas Modul Estimasi Biaya Konstruksi Jalan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 104- 116.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.