Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Kuliah Drainase Perkotaan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Prisma Ceila Perdana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Arris Maulana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
R. Eka Murtinugraha, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa serta kendala pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah Drainase Perkotaan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 dan 2017 yang mengambil mata kuliah Drainase Perkotaan pada semester genap tahun akademik 2019/2020 dengan sampel penelitian berjumlah 47 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap  pembelajaran jarak jauh Drainase Perkotaan cukup baik. Pengorganisasian materi serta pengunaan media, metode serta platform yang digunakan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran meskipun pembelajaran belum sistematis. Mahasiswa telah memiliki fasilitas serta pengetahuan tentang pembelajaran jarak jauh sehingga tingkat pembelajaran telah sesuai. Pendidik telah memberikan sikap positif berupa kesempatan bertanya dan memberikan umpan balik terhadap tugas yang diberikan namun pembelajaran jarak jauh tidak meningkatkan motivasi mahasiswa. Pengalokasian waktu dalam pembelajaran sudah cukup baik dalam pembelajaran maupun dalam mengerjakan tugas. Kendala dalam PJJ Drainase Perkotaan adalah kurangnya interaksi dalam pembelajaran, sinyal yang kurang mendukung dalam mengakses pembelajaran, kurangnya pemahaman materi serta diperlukannya variasi media dalam pembelajaran.

Student Perceptions of Distance Learning in Urban Drainage Course in Building Engineering Education Study Program

Abstract

This study aims to find out the perception of students as well as the constraints of distance learning in Urban Drainage course of the Building Engineering Education Educational Program. This research is quantitative descriptive. The research population is students of Building Engineering Education class 2016 and 2017 who took Urban Drainage courses in the even semester of academic year 2019/2020 with a research sample of 47 students.The results showed that students perception of urban drainage distance learning is quite good. The organizing of materials and the use of media, methods and platforms used are in accordance with the objectives of learning has not been systematic. Students already have facilities and knowledge about distance learning so that the level of learning is appropriate. Educators have given positive attitudes in the form of opportunities to ask questions and give feedback on assignments given but distance learning does not increase student motivation. Allocating time in learning is enough both in learning and in doing tasks. Obstacles in distance learning in Urban Drainage are lack of interaction in learning, less supportive signals in accessing learning, lack of material understanding and the need for media variation in learning.

 


Keywords


Persepsi; Pembelajaran Jarak Jauh; Drainase Perkotaan; Perception; Distance Learning; Urban Drainage

Full Text:

PDF

References


Bustomi, A. (2020). Implikasi COVID 19 Terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1007– 1017.

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2014). Psikologi Belajar.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.333 94/jk.v6i2.2654

Hutami, R. A., Sudiyanto, & Ivada, E. (2017). Keefektifan Model ELearning Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1. Jurnal “Tata Arta” UNS, 3(3), 22–31.

Jundi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Nahwu dengan Sistem Daring. Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra Arab, 17(2). https://doi.org/https://doi.org/10.210 09/almakrifah.17.02.01

Khusniyah, T. W., & Wana, P. R. (2020). Persepsi Mahasiswa PGSD pada Inovasi Pembelajaran Berbasis ELearning. Wahana Sekolah Dasar, 28(1), 1–10.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1).

Prasetyo, N. Y. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektifitas Pembelajaran dengan Sistem Blok Matakuliah Praktikum pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik. Jurnal Teknik Mesin, 24(2).

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saifuddin, M. (2017). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varidika, 29 (2).

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31 562

Simatupang, N. I., sia Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi COVID-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13 (2). https://doi.org/DOI 10.33541/jdp.v13i2.1754

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Uno, H. B. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.