Kesesuaiaan Standar Sarana Prasarana SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (Studi pada SMKN 56 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta)

R. Eka Murtinugraha,
M. Agphin Ramadhan,
Pelagia Lia Andarista,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian standar sarana dan prasarana kompetensi keahlian DPIB terhadap Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional SMK/MAK dan terhadap BSNP mengenai instrumen verifikasi untuk penyelenggaraan ujian praktik kejuruan di SMKN 56 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Tingkat kesesuaian SMKN 56 Jakarta pada sarana ruang kelas sebesar 75% (sesuai), dan prasarananya 50% (kurang sesuai), sarana ruang praktik komputer 45,83% (kurang sesuai), ruang praktik desain masinal 54,55% (sesuai) dan prasarananya 32,14% (kurang sesuai). Tingkat kesesuaian SMKN 35 Jakarta pada sarana ruang kelas sebesar 75% (sesuai) dan prasarananya 50% (kurang sesuai), sarana ruang praktik komputer 58,3% (sesuai) dan prasarananya 25% (sangat kurang sesuai). Tingkat kesesuaian kondisi fisik SMKN 56 Jakarta pada sarana ruang kelas sebesar 75% (sesuai), ruang praktik komputer 45,83% (kurang sesuai), ruang praktik desain masinal 44,3% (kurang sesuai). Tingkat kesesuaian kondisi fisik SMKN 35 Jakarta pada sarana ruang kelas sebesar 75% (sesuai), dan sarana ruang praktik komputer 57,1 (sesuai).

Kesesuaiaan Standar Sarana Prasarana SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (Studi pada SMKN 56 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta)

Conformance of Standards for Vocational Facilities and Infrastructure Competency in Design, Modeling and Building Information (Study at SMKN 56 Jakarta and SMKN 35 Jakarta)

Abstract

The purpose of this research is to know the suitability of facilities and infrastucture on competency Modeling Design and Building Information (DPIB) adjust to Permendikbud Section 34 of 2018 about National Standard SMK/MAK and to BSNP regarding leveraging instruments for the vocational practice exams. This research method is utilizing descriptive quantitative. Information assortment procedures of this examination are by doing observation and documentation. The suitability level of class room facilities on SMKN 56 Jakarta is 75% (suitable), and infrastructure is 50% (less suitable), computer practice room facilities is 45,83% (less suitable), masinal design room is 54,55% (suitable), and infrastructure is 32,14% (less suitable). The suitability level of class room facilities on SMKN 35 Jakarta is 75% (suitable), and infrastructure is 50% (less suitable), practice room facilities is 58,3% (suitable), and infrastructure is 25% (very less suitable). The suitability level of the physical condition of class room facilities on SMKN 56 Jakarta is 75% (suitable), computer practice room facilities is 45,83% (less suitable), and masinal design room is 44,3% (less suitable). The suitability level of the physical condition of class room facilities on SMKN 35 Jakarta is 75% (suitable), practice room facilities is 57,1% (suitable).

 


Keywords


Kesesuaian; Sarana; Prasarana; : Suitability, facilities and infrastructure

Full Text:

PDF

References


Agusti, R. D., Handoyo, S. S. and Musalamah, S. (2014) Analisis Pelaksanaan Prosedur Operasional Standar Sarana dan Prasarana Belajar Laboratorium Berdasarkan Manajemen Mutu ISO 9001:2008 & IWA 2:2007 Di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Jakarta’, Jurnal Pensil FT UNJ, 3, p. 53.

Elviana (2015) Kajian Kelayakan Ruang Gambar Program Keahlian Teknik Bangunan Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Haryanto, F. A. R. (2016) Evaluasi Standar Sarana dan Prasarana Bengkel Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Se-Kabupaten Sleman Berdasarkan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Permendiknas No 40 Tahun 2008. Universitas Negeri Yogyakarta.

Havidotinnisa, S. (2016) Kontribusi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Pembelajara Sekolah Menengah Kejuruan Jamblang Kabupaten Cirebon. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayatuloh, M. N. (2019) Kelayakan Sarana dan Prasarana Bengkel Praktik Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Piri Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Legiwati, N. (2016) Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan’, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10, p. 295.

Liliani, F., Sumartono, B. G. and Okianna (2019) Analisis Sarana dan Prasarana Pendidikan Pada Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 1 Kabupaten Sanggau’, Jurnal Pendidikan, 8, p. 2.

Oktariansyah, F., Iriani, T. and Maulana, A. (2019) Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Hasil Belajar Autocad Kelas XI Di SMKN 56 Jakarta, Pendidikan Teknik Sipil, 8.

Pratama, G. N. I. P., Hidayat, N., & Wahyuni, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Micro Teaching Berbasis Viduk (Video Unjuk Kerja) pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 13-23.

Putri, D. A. K., Adi, B. W. and Sunarto (2016) Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pemasaran DI SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan, 2, p. 11.

Rahardiani, A. P., Sukatiman and Haris, A. (2017) Analisis Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik di Bengkel Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 5 Surakarta, Jurnal Pendidikan, 3.

Sarifah, N. (2017) Evaluasi Ruang Gambar Manual Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 1 Pajangan, Pendidikan Teknik Sipil, 6, pp. 1–2.

Siregar, S. N. A. (2019) Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTs. Al Hasanah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.