PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Tiara Titania,
Slamet Widodo,

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi untuk mekanika teknik berdasarkan kurikulum SMK 2013 Revisi 2016 yang layak dan dapat menjadi alternatif sumber belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development and Disseminate) dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pengumpulan data menggunakan angket ahli dan kuisioner didukung dengan kegiatan observasi. Angket ahli diberikan kepada ahli materi, ahli media dan angket kuisioner diberikan untuk pengguna (guru pengampu Mekanika Teknik SMK N 2 Yogyakarta). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran video animasi untuk mata pelajaran Mekanika Teknik dengan hasil setiap tahap sebagai berikut: (1) Hasil tahap define adalah analisis kebutuhan awal yaitu siswa belum mengetahui konsep dari pemodelan struktur, cara belajar setiap siswa yang berbeda dan media yang digunakan kurang bervariasi. Analisis konsep menghasilkan konsep tampilan media secara umum dan analisis tugas menghasilkan penetapan kompetensi dasar yang menyesuaikan dengan analisis kebutuhan awal untuk kemudian dirumuskan tujuan pembelajarannya; (2) Hasil tahap design adalah susunan materi berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang telah ditetapkan. Hasil akhir media berformat .exe terdiri dari animasi, video dan teks; (3) Hasil tahap development berupa nilai dari validasi ahli dan calon pengguna sebagai berikut: a) penilaian ahli materi pada media pembelajaran animasi mekanika teknik mendapatkan skor 68 dan persentase 100% dan dinyatakan bahwa media sangat layak, b) penilaian ahli media pada animasi media pembelajaran mekanika teknik mendapatkan skor 84 dan persentase 91,6% dan dinyatakan bahwa media sangat layak, dan c) penilaian dari uji coba calon pengguna pada media pembelajaran video animasi mekanika teknik mendapatkan rata-rata skor 39,5 dan persentase 76,3%  dan dinyatakan bahwa media layak digunakan.

Keywords


Animasi, Media pembelajaran, Mekanika teknik, SMK

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.