Penerapan Media 3D Sketchup pada Model Pembelajaran Langsung Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Medan

Lamtiur Harianja, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Penggunaan media tidak lain adalah untuk mengurangi verbalisme agar siswa mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan. Selain dengan perangkat 2D menggambar dengan perangkat lunak juga membutuhkan media visualisasi 3D yang dapat memperjelas pandangan akan obyek pekerjaan. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah media 3D SketchUp dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media 3D SketchUp, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan mengetahui hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental designs dengan desain penelitian yang digunakan one-shot case study. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Medan. Kemudian untuk menganalisis data digunakan uji-t satu pihak kiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis validasi kelayakan media pembelajaran yang digunakan mendapat prosentase sebesar 93,33% dan dinyatakan sangat layak untuk digunkana dalam pembelajaran, (2) hasil analisis data hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran didapatkan prosentase sebesar 81% dan dinyatakan terlakasana dengan sangat baik, (3) hasil analisis data uji-t, diperoleh thitung = 3,75, sedangkan ttabel = 1,684. Maka dalam ujin tersebut nilai thitung > ttabel. Dengan demikian maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Application of 3D Sketchup Media on Direct Learning Models for Drawing Subjects with Software at SMK Negeri 2 Medan

Abstract

One of the most important aspects of the learning process is learning media. The use of media is none other than to reduce verbalism so that students can easily distinguish the lesson materials presented. Also with 2D drawing tools with software and requires 3D visualization media that can clarify the view of the work object. Learning media used in this learning is SketchUp 3D media by using direct learning model. This study aims to determine the feasibility of 3D SketchUp media, know the implementation of learning and student learning outcomes. The research method is a pre-experimental design with a research design that is a one-shot case study. Subjects in this study were students of class XI TGB SMK Negeri 2 Medan. Then to analyze the data one side left. The result of the research showed that (1) the validation feasibility study of learning media conducted on the amount of 93.33% and very feasible to use in the learning, (2) the result of the data analysis of the observation result of the learning activity percentage of 81% good, (3) result of t-test data analysis, obtained tcount = 4,07, while ttable = 1,684. So in the t-test the value tcount > ttable. Thus Ho accepted and Ha is rejected


Keywords


Media 3D SketchUp; Model Pembelajaran Langsung; Menggambar dengan Perangkat Lunak; SketchUp 3D Media; Direct learning model; Drawing with software

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.36170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.