Transformasi karakter semangat nasionalisme pada siswa di SMA Kabupaten Simeulue melalui gerakan literasi sekolah

Roni Hidayat, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh, Indonesia
Rusli Yusuf, Universitas Syiah Kuala, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses tranformasi semangat nasionalisme pada siswadi SMA Kabupaten Simeulue melalui gerakan literasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak sepuluh orang yang terdiri atas kepala sekolah dan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Kabupaten Simeulue. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunkan teknik interaktif dari Miles, Huberman, & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses tranformasi semangat nasionalisme pada siswa di SMA Kabupaten Simeulue  dilaksanakan dengan tiga. Pertama, mentranformasi nilai-nilai Pancasila sebagai semangat nasionalisme melalui pembelajaran. Proses ini mengarah pada penanaman nilai-nilai Pancasila melalui penguatan pemahaman terhadap Pancasila sehingga tercermin dalam cara berpikir dan berperilaku yang menunjukan karakteristik manusia Indonesia. Kedua, mengoptimalisasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk semangat nasionalisme generasi muda. Proses ini mengarah pada kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang dapat mengotimalkan penanaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda. Ketiga, membumikan Gerakan Literasi Sekolah (GSL) dalam membentuk semangat nasionalisme generasi muda. Proses tersebut dilaksanakan dengan membudayakan literasi kepada warga sekolah. Kesimpulannya bahwa proses tranformasi semangat nasionalisme telah dilaksanakan di SMA Kabupaten Simeulue melalui gerakan literasi sekolah.

Abstract

This study aims to analyze the transformation process of the spirit of nationalism in students at SMA Simeulue Regency through the school literacy movement. The research is descriptive qualitative research. The research subjects were ten people consisting of school principals and Civics and Pancasila Education teachers at SMA Simeulue Regency. Data collecting uses interview and observation techniques. Data analysis uses interactive technique from Miles, Huberman, & Saldana. The results of the study show that the process of transforming the spirit of nationalism in students at SMA Simeulue Regency was carried out in three ways. First, transforming Pancasila values as the spirit of nationalism through learning. This process leads to the cultivation of Pancasila values through strengthening understanding of Pancasila so that it is reflected in ways of thinking and behaving that show the characteristics of Indonesian people. Second, optimizing the implementation of Pancasila and Civic Education learning in shaping the spirit of nationalism in the younger generation. This process leads to the readiness of teachers in designing learning that can optimize the instillation of Pancasila values in the younger generation. Third, grounding the School Literacy Movement (GSL) in shaping the spirit of nationalism of the younger generation. This process is carried out by cultivating literacy among the school community. The conclusion is that the process of transforming the spirit of nationalism has been carried out at SMA Simeulue Regency through the school literacy movement.


Keywords


gerakan literasi; nasionalisme; transformasi karakter; literacy movement; nationalism;character transformation

Full Text:

PDF

References


Andara, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan semangat nasionalisme melalui pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7733–7737. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2230

Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi pendidikan karakter (Kajian filsafat pendidikan). Kalangwan: Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra11(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.25078/klgw.v11i1.2372

Budiono, B. (2021). Urgensi pendidikan multikultural dalam pengembangan nasionalisme Indonesia. Jurnal Civic Hukum6(1), 79-89. DOI: https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.15250.

Hakim, A. N., & Dewi, D. A. (2021). pentingnya implementasi nilai pancasila agar tidak terjadi penyimpangan dalam masyarakat luas. Jurnal Kewarganegaraan5(1), 239-248. DOI:  https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1391.

Hidayat, R. (2020). Penguatan karakter kebangsaa pasca konflik di Aceh. JPPKn: (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2), 22–32. DOI: https://doi.org/10.36526/jppkn.v4i2.671.

Hidayat, R. (2023). Ketahanan nasionalisme generasi muda Simeulue di era globalisasi. 34(1), 13–19. DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v34i1.39944.

Jamalong, A., & Indajati. (2015). Upaya meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui moteode diskusi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 27–38. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.174

Marlina, E. (2016). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan rasa cinta tanah air pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 562–567. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4244.

Megawati, E., & Megawanti, P. (2019). Edukasi gerakan literasi sekolah dan sikap cintah tanah air dalam menghadapi era disrupsi 4.0 pada anggota Yayasan Bina Utama Melati. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 13–19. DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v25i1.14067.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third Edition). Sage Publications.

Nugrahani, F., Ali, I. A., & Widayat, M. (2020). Gerakan literasi sekolah berbasis kearifan lokal dan kontribusinya bagi pendidikan karakter. Jurnal Widyaparwa, 48(1), 50–64. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v48i1.438.

Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu lunturnya nilai Pancasila pada generasi milenial. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93–103. DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170.

Rahman, M. G., Alamri, L., & Bataweya, A. (2020). Hukum Islam dan penggunaan teknologi informasi di Indonesia. Al-Mizan (e-Journal)16(1), 27-50. DOI: https://doi.org/10.30603/am.v16i1.1397.

Ratri, E. P., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila dalam menanamkan jiwa nasionalisme pada generasi muda di era globalisasi. Jurnal Global Citizen, 11(1), 25–33. DOI: https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7455 

Saidi, M. R. Supriyono, S., & Al-Atok, A. R. (2022). Pengaruh literasi digital dan literasi kewarganegaraan terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 119–128. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i1p119-128.

Riska, D.  F. (2020). Internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 207–220. DOI: https://doi.org/10.35719/jpe.v1i2.17.

Riyanti, D., & Prasetyo, D. (2019). Internalisasi nilai-nilai pancasila di perguruan tinggi. Jurnal Citizenship, 7(2), 82–96. DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v7i2.5185.

Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia2(1), 40-47. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318.

Sakinah, R. N. & Dewi, A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai karakter dasar para para generasi muda dalam menghadapi era revolusi industrial. 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 33–41. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432

Salma, A. & Mudzanatun. (2019). Analisis gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa siswa sekolah dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555

Shofa, A. M. A., Kodir, A., Mifdal, Z. A., & Subekti, A. (2019). Wanua Nusantara: Praktik pembumian nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 2(1), 1–5. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p1-5.

Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patritosme melalui materi siskap semangat kebangsaan dan patriotisme dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara pada pembelahjaran PKn di SMAN 1 Pundong. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 174–199. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370.

Sujana, I, W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adiwidya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Supriadi, A., Matnuh, H., & Mitha.  (2014). Internalisasi nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn pada siswa MAN 2 Model Banjaramasin. Pendidikan Kewarganegaraan: Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian maupun Pemikiran Kritis, 4(8), 649–655. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v4i8.462.

Susanto, A., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2018). Internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(11).

Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 41–51. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship 

Teguh, M. (2017). Gerakan literasi sekolah dasar. Prosiding Seminar: Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti (18–26).

Ulfatin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningdyah, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wirawan, A. (2021) Dampak bermain game online terhadap akhlak anak (Studi kasus Desa Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue). Masters Thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22662/.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i2.63105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Karakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter