Kontribusi manajemen supervisi kepala kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi terhadap kinerja kepala sekolah dasar

Sri Andari, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen supervisi kepala
sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi berpengaruh signifikan secara sendirisendiri
dan bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subyek penelitian
adalah 520 guru sekolah dasar yang ada di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul
dan sampelnya sebanyak 78 orang yang ditentukan dengan teknik multi stage random
sampling. Instrumen pengumpulan berupa kuesioner. Analisis data dilakukan dengan
analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Manajemen supervisi kepala sekolah tergolong sangat baik, dan berpengaruh
signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi 39,3%, 2) Motivasi kerja guru tergolong
sangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi 31,7%,
3) Iklim organisasi tergolong sangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja
guru dengan konstribusi 40,1%, dan 4) Manajemen supervisi kepada sekolah, motivasi
kerja dan iklim organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja
guru di Sekolah Dasar Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan konstribusi
59,6%

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats