Improving cognitive learning outcomes and communication skills through problem-based learning with lesson study

Fikri Syahir Robi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Putri Rahma Dianti, Universitas Negeri Malang
Ning Rahayu Handayani, Universitas Negeri Malang

Abstract


Students' communication skills must be empowered by habituating discussion to increase learning and understanding. This habit can be trained by applying Lesson Study (LS) activities in Problem-Based Learning (PBL). This study analyzed the effectiveness of PBL learning with LS activities in improving cognitive learning outcomes and communication skills of Masters of Biology Education students at Universitas Negeri Malang. This type of research uses a mixed method with a quantitative research approach and a one-group-pretest-posttest research design. The sampling technique used purposive sampling. Data collection uses test, non-test, observation, and documentation techniques. Data analysis used descriptive qualitative, descriptive statistics, and inferential statistics t-tests. The results showed that the PBL learning syntax had been implemented well, and there were significant differences in the learning outcomes of the two cycles, with a significance value of 0.000 (cycle I) and 0.001 (cycle II) < 0.05. Furthermore, the results of student communication skills also experienced an increase in scores from cycle I to cycle II by 0.5%. This shows that PBL learning with LS activities can effectively improve students' communication skills and can be recommended for learning.

 

Memperbaiki pembelajaran kognitif dan keterampilan komunikasi melalui pembelajaran berbasis masalah dengan lesson study

Pemberdayaan keterampilan komunikasi siswa perlu dilakukan dengan pembiasaan diskusi sebagai upaya peningkatan pemahaman belajar. Kebiasaan ini bisa dilatih dengan menerapkan kegiatan Lesson Study (LS) dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran model PBL dengan kegiatan LS dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan komunikasi mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian menggunakan mixed method dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan desain penelitian one-group-pretest-postest. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, non-test, observasi dan dokumentasi. Pada siklus pertama materi yang digunakan adalah penyusunan hipotesis dan siklus kedua menggunakan materi statistik dan analisis data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan sintak pembelajaran PBL telah terlaksana dengan baik dan terdapat perbedaan nyata hasil belajar kedua siklus dengan nilai signifikansi 0,000 (siklus 1) dan 0,001 (siklus 2) < 0,05. Selanjutnya hasil keterampilan komunikasi mahasiswa juga mengalami peningkatan skor dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0.5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model PBL dengan kegiatan LS secara efektif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa dan dapat direkomendasikan untuk pembelajaran.


Keywords


cognitive learning outcomes; communication skills; lesson study; problem-based learning

Full Text:

PDF

References


Abarang, N., & Delviany. (2021). Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas ii dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). Noerzalina Abarang, Delviany (2021). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan Vol, 1(2), 1–10.

Afifah, E., Triyono, T., & Hotifah, Y. (2016). Pengembangan media letter sharing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa introvert. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 27–32. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p027

Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa smp menggunakan model problem based learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120

Anggariana, I. P. D., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika melalui lesson study siswa kelas iii. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12430

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. In Syria Studies (Ninth Edit, Vol. 7, Issue 1). The McGraw-Hill Companies.

Asih, N. F., & Ellianawati, E. (2019). The enhancement of verbal communication skills for vocational students through project-based learning physics. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.21009/1.05103

Astuti, D. A. (2013). Model layanan bk kelompok teknik permainan (games) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Bimbingan Konseling (Semarang), 2(1), 50–56.

Aulia, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2018). Meningkatkan keterampilan komunikasi lisan melalui metode storytelling. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 110. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9780

Castrillon, L. R., Ramírez-carmona, M., & Lopez, C. O. (2023). Training strategies from the undergraduate degree in chemical engineering focused on bioprocesses using PBL in the last decade Leidy Rend o. Education for Chemical Engineers, 44(May), 104–116. https://doi.org/10.1016/j.ece.2023.05.008

Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson study: professional development (pd) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2), 217–230. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1430050

Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam penyusunan proposal penelitian pendidikan matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 79. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.956

Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan sosial siswa kelas v sdn Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 281–288.

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa smk. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(3), 256–265.

Dwiastuti, I., Tantiani, F., Widyatno, A., & Irtadji, M. (2019). Implementasi problem-based learning (pbl) pada pendidikan tinggi: Evaluasi proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Sains Psikologi, 8(2), 218–227. https://doi.org/10.17977/um023v8i22019p218

Eko Setyowati, W. A., Ariyanti, P., & Martini, K. (2015). Penerapan problem based learning (pbl) dengan penilaian portofolio untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada materi stoikiometri di sman 2 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(3), 1–9.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan pbl dan ibl ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Fernandez, C. (2002). Learning from Japanese approaches to professional development: the case of lesson study. Journal of Teacher Education, 53(5), 393–405. https://doi.org/10.1177/002248702237394

Fitri, N., Mawardi, M., & Kurniawan, R. A. (2017). Korelasi antara keterampilan metakognisi dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas x mia sma negeri 7 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(1), 81–92. https://doi.org/10.29406/arz.v5i1.655

Hussain, M., Tabussam, R., & Imran Yousuf, M. (2017). Effect of professional knowledge and feedback communication skills among teachers and students at collage level. Bulletin of Education and Research, 39(2), 83–94.

Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study pada mata kuliah keanekaragaman hewan untuk meningkatkan kecakapan komunikasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pendidikan biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38–46.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014. https://doi.org/10.31219/osf.io/dp79n

Lewis, C. (2003). The essential elements of lesson study, northwest teacher. Spring, 4(3), 6–8.

Lufri, L., Elmanazifa, S., & Anhar, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning yang di intervensi teknologi informasi terhadap keterampilan komunikasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 182. https://doi.org/10.17977/um052v12i3p182-186

Maridi, M., Suciati, S., & Permata, B. M. (2019). Peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas x sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182–187. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v

Molina-Torres, M. P. (2022). Project-based learning for teacher training in primary education. Education Sciences, 12(10). https://doi.org/10.3390/educsci12100647

Morales, O. A., Rinc, G., Romero, T., & Ense, M. O. (2005). Cómo enseñar a investigar. Educere, 9, 217–224. http://redalyc.uaemex.mx/redalyc/src/inicio/ArtPdfRed.jsp?iCve=35602910

Oktaviani, R. N. (2022). Implementasi model pembelajaran problem based learning (pbl) melalui lesson study untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa stkip bim. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6, 257–275.

Osman, A., & Kriek, J. (2021). Science teachers’ experiences when implementing problem-based learning in rural schools. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 25(2), 148–159. https://doi.org/10.1080/18117295.2021.1983307

Owens, A. D., & Hite, R. L. (2020). Enhancing student communication competencies in stem using virtual global collaboration project based learning. Research in Science and Technological Education, 00(00), 1–27. https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1778663

Priyambudi, B. (2014). Implementasi model discovery learning menggunakan lesson study untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya Ke-4.

Rappleye, J., & Komatsu, H. (2017). How to make lesson study work in america and worldwide: a japanese perspective on the onto-cultural basis of (teacher) education. Research in Comparative and International Education, 12(4), 398–430. https://doi.org/10.1177/1745499917740656

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sma pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Rongbutsri, N. (2017). Students using online collaborative tools in problem-oriented project-based learning. Aalborg Universitet https://doi.org/10.5278/vbn.phd.hum.00072. https://doi.org/https://doi.org/10.5278/vbn.phd.hum.00072 General

Simamora, R. E., Surya, E., & Sidabutar, D. R. (2017). Improving learning activity and students’ problem solving skill through problem based learning (pbl) in junior high school. Article in International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2), 321–331. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalofBasicandApplied

Soto, M., Gupta, D., Dick, L., & Appelgate, M. (2019). Bridging distances: professional development for higher education faculty through technology-facilitated lesson study. Journal of University Teaching and Learning Practice, 16(3). https://doi.org/10.53761/1.16.3.7

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Supiandi, M. I., Pendidikan, J., Persada, B.-S., Sintang, K., & Barat, K. (2016). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi sma. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Syahri, B., Giatman, M., Muskhir, M., Effendi, H., & Hilman, A. (2023). Model pembelajaran tipe jigsaw berbasis problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. 7(1), 58–67.

Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawati, Supeno, & Program. (2019). Keterampilan komunikasi siswa kelas vii smpn 2 jember dalam pembelajaran ipa dengan model problem based learning pada materi kalor dan perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280.

Yulianto Aris, Fatchan A, K. A. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 2(3), 448–453. http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v3.i2.413

Zubaidah, S. (2010). Makalah disampaikan pada pendidikan dan pelatihan nasional dengan tema peningkatan profesioalisme guru melalui kegiatan lesson study. Universitas Brawijaya Malang.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i2.60041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats