Etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran

Sugeng Bayu Wahyono, , Indonesia
Deni Hardianto, , Indonesia
Unik Ambarwati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dan menganalisis penyebab rendahnya etos
belajar siswa dari perspektif sosial budaya, dan menawarkan solusi yang efektif bagi upaya
meningkatkan etos belajar siswa di daerah pinggiran. Pilihan metode penelitian adalah
metode survei dan penelitian kancah (field research). Hasil penelitian menunjukan bahwa
etos belajar siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) di daerah pinggiran
ternyata masih dalam kategori sedang cenderung rendah. Indikatornya adalah bahwa
dikalangan siswa sekolah pinggiran ditandai rendahnya minat baca, kurang menyukai
tantangan atau rendahnya watak kompetitif, rendahnya kemandirian, tanggung jawab
belajar yang tidak tinggi. Letak teritorial cenderung memiliki hubungan signifikan
terhadap rendahnya etos belajar siswa di sekolah pinggiran dan terdapat hubungan yang
tidak linier antara persepsi positif terhadap belajar dengan praksis belajar di kalangan
siswa sekolah daerah pinggiran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats