FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU IPA (SAINS) SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

MB. Wahyu Rejeki Handayani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja guru IPA (sains) SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber informasi yaitu guru SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, terdiri atas SMP Negeri 1, 2, 3, dan 4 Ngaglik yang khususnya guru bidang studi IPA (sains). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru IPA SMP di Kecamatan Ngaglik meliputi: 1) ketrampilan guru IPA dalam mengelola kelas terutama menjalin komunikasi dengan peserta didik; 2) kemampuan guru IPA dalam membuat perencanaan dan persiapan mengajar; 3) penguasaan guru terhadap materi pelajaran IPA yang diperlihatkan dengan bacaan guru terbatas; 4) penguasaan metode dan strategi guru IPA dalam mengajar; 5) motivasi guru IPA dalam mengajar terutama berkait dengan komitmen guru untuk meningkatkan prestasi peserta didik; 6) pengetahuan yang dimiliki guru IPA tentang kompetensi peserta didik yang harus dicapai; 7) ketrampilan guru IPA dalam mengajar; 8) ketrampilan guru IPA dalam melakukan penilaian dan evaluasi guna mengontrol jalannya pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats