TREND PERFORMANCE PENILIK PROGRAM PLS DALAM ANALISIS STANDAR JUMLAH RASIO PENILIK DAN PETA KEBUTUHAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

Puji Yanti Fauziah, dkk,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui trend kinerja penilik di lapangan dalam melakukan pengendali mutu program dan evaluasi dampak program-program PNFI, kedua, perbandingan jumlah penilik dan beban kerja dengan banyaknya sasaran yang menjadi lembaga yang dibimbing oleh penilik dan, ketiga, faktor pendukung dan penghambat. Metode penelitian yang dipakai pendekatan survei dengan menggunakan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah PNFI, Kinerja dan tupoksi Penilik. Hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) Pada umumnya kinerja penilik berada pada posisi sedang (70%), hal ini dilihat dari pendampingan yang dilakukan oleh penilik, tetapi penilik masih beradaptasi pada tupoksi baru yaitu menjadi pengendali mutu program. 2) Jumlah perbandingan pada penilik kesetaraan dan kursus masih memenuhi beban kerja karena menurut perhitungan rumus Arif Sulistyo beban kerja ideal untuk setiap penilik adalah 20 lembaga. Sedangkan untuk penilik PAUD masih dibutuhkan 41 penilik dengan asumsi jumlah lembaga PAUD 826 lembaga. Padahal situasi saat ini jumlah penilik PAUD hanya 7 orang.

 

Kata kunci : kinerja, penilik, rasio


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats