PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN TEKNIK SCRAMBLE SISWA KELAS RENDAH

Suyatinah Suyatinah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran membaca dengan tehnik scramble pada siswa Sekolah Dasar kelas rendah. Adapun spesifikasi produk yang dikembangkan model perangkat pembelajaran membaca permulaan dengan teknik scramble dengan instrumen membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Demangan. Model penelitian pengembangan ini adalah model Plomp. Prosedur pengembangan model Plomp terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) tahap investigasi awal, 2) tahap perancangan, 3) tahap realisasi, dan 4) tahap validasi, uji coba dan revisi. Hasil pengembangan model pembelajaran membaca permulaan dengan teknik scramble kata dan kalimat adalah sebagai berikut. Langkahnya adalah: 1) memilih tema sesuai latar belakang siswa kelas rendah, 2) memilih suku-suku terbuka sesuai tema yang dipilih, dan dilanjutkan dengan suku-suku tertutup, 3) menggunakan kalimat sederhana atau kalimat yang hanya terdiri dari subjek dan predikat.

 

Kata kunci: membaca, scramble, kelas rendah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats