KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA S-1 PGSD STIKIP NUUWAR FAK-FAK

Murtiningsih Murtiningsih,

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesalahan dalam penggunaan Bahasa Indonesia pada jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Nuuwar Fak-fak. Subjek penelitian ini adalah 260 mahasiswa PGSD STKIP Nuuwar Fak fak. Objek yang akan diteliti adalah kesalahan penggunaan bahasa Indonesia, terutama pada penulisan kata baku. Data dihimpun dari kesalahan berbahasa dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia pada tahun 2009. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesalahan yang paling banyak dilakukan mahasiswa dalam penulisan kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimat sebesar 69,2% namun masih masuk dalam taraf kesalahan rendah; 2) untuk kategori sedang 17,4% terutama kesalahan dalam penulisan kata berimbuhan dan penggunaan kata depan; 3) taraf kesalahan dalam penulisan kata baku yang dipengaruhi oleh bahasa daerah atau bahasa percakapan; 4) kesalahan mahasiswa dalam penulisan kata yang rancu atau ambigu sebesar 13,4%

 

Kata kunci: kesalahan berbahasa, penulisan kata baku

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats