Penerapan diskusi kelompok kecil berbasis mobile learning melalui WhatsApp Messenger pada mata pelajaran geografi

Lia Umi Amaliya, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Kusuma Dewi, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode diskusi kelompok kecil berbantuan whatsApp messenger (WA) sebagai mobile learning yang diterapkan dalam mata pelajaran Geografi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Malang pada siswa kelas X IPS 1 dengan materi langkah-langkah penelitian Geografi. Jenis metode penelitian yang dipilih yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana desain pembelajaran dirancang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode diskusi kelompok kecil yang diterapkan melalui aplikasi whatsApp messenger sebagai media pembelajarannya. Penerapan pembelajaran ini bersifat daring. Pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil pengamatan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan dapat berjalan dengan baik, dimana diperoleh nilai rata-rata hasil tes pra kegiatan diskusi kelompok yaitu 85, dengan ketuntasan 88%. Dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90. Selanjutnya pada nilai rata-rata hasil tes pasca kegiatan diskusi kelompok yaitu 87, dengan ketuntasan 100%. Dengan nilai terendah 83 dan nilai tertinggi 97. Selain itu siswa mengikuti kegiatan diskusi bersama guru maupun antara siswa dalam kelompok kecil dengan baik dan aktif.

 

Implementation of small group discussion based on mobile learning through WhatsApp Messenger in geography subjects


This study aims to determine the results of the implementation of the small group discussion method assisted by WhatsApp messenger (WA) as mobile learning which is applied in learning geography subjects. This research was carried out at MAN 2 Malang in class X IPS 1 student with the material of Geography research steps. The type of research method chosen is classroom action research (CAR). Where the learning design is designed to include the stages of planning, acting, observing, and reflecting. The implementation of this research uses the small group discussion method, which is applied through the WhatsApp messenger application as a learning medium. The implementation of this learning is online. This research approach is descriptive and qualitative. The results of observations from this study indicate that the learning activities that are applied can run well, where students participate in discussions with teachers and between students in small groups well and actively


Keywords


diskusi kelompok kecil; mobile learning; WhatsApp Messenger

Full Text:

PDF

References


Adedoyin, O. B. & Soykan, E. (2020). COVID-19 pandemic and online learning: The challenges and opportunities. In Interactive Learning Environments. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180.

Ahmad, K. H. & Nurma, S. (2020). Penerapan metode small group discussion terhadap motivasi belajar siswa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 8 (1), 30-35.

Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di smkn 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3).

Akyildiz, S. T. (2020). College students’ views on the pandemic distance education: A focus group discussion. International Journal of Technology in Education and Science (IJTES), 4 (4), 322-334.

Allagui, B. (2014). Writing through whatsapp: An evaluation of students writing performance. International Journal Mobile Learning and Organisation, 8 (3), 216-231.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui optimalisasi penerapan metode diskusi kelompok kecil (small group discussion). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 201-208.

Ariesti, N. M. (2021). Penerapan metode diskusi kelompok kecil sebagai upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama Hindu siswa kelas iv sd negeri 36 Mataram. Jurnal Sangkareang Mataram, 8(1), 1-5.

Arif, M. B. (2016). Model pembelajaran ict literacy m-learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di mts. Brawijaya Mojokerto. TA’DIBIA Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(2).

Arisman, R., & Haryanti, I. S. (2019). Using small group discussion to improve students’ reading achievement on narrative text. English Community Journal, 3(1), 325-334.

Asmara, H. (2015). Profesi kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Baishsya, D. & Maheshwari, S. (2020). WhatsApp groups in academic context: Exploring the academic uses of whatsapp groups among the students. Contempores Education Technology, 11 (1), 31-46.

Biswas, B., Roy, S. K., & Roy, F. (2020). Students perception of mobile learning during COVID-19 in Bangladesh: University student perspective. Aquademia, 4(2), ep20023. https://doi.org/10.29333/aquademia/8443.

Bohari, L. (2020). Improving speaking skills through small group discussion at eleventh-grade students of sma plus Munirul Arifin NW Praya. Journal of Languages and Language Teaching, 7(1), 68-81.

Bouhnik, D., & Deshen, M. (2014). Whatsapp goes to school: Mobile instant messaging between teachers and students. Journal of Information Technology Education: Research, 13, 217-231.

Bowo, A. N. A. (2014). Diskusi kelompok kecil berbasis reading guide untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar pkn siswa mts. Academy of Education Journal, 5(2).

Chang, C. Y. & Hwang, G. J. (2018). Trends in smartphone-supported medical education: A review of journal publications from 2007 to 2016. Knowledge Management and E-Learning, 10(4), 389–407. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2018.10.024

Church, K.& Oliveira, R. (2013). Whats up with whatsApp? Comparing mobile instant messaging behaviors with traditional SMS. Mobile HCI 1, 352-261.

Cristiani, A. & Mintohari. (2014). Penerapan metode diskusi kelompok kecil dengan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-11.

Dewantoro, A. & Mustadi, A. (2019). Peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pgsd UNY melalui model tipe small group discussion. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6 (2), 69-76.

Dewi, D. M. R. (2020). Mengefektifkan model diskusi kelompok kecil (diskusi kelompok kecil) upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar agama Hindu peserta didik kelas iv semester dua tahun pelajaran 2018/2019 di sd negeri 7 Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2).

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533-541.

Efendi, S. & Marpaung, R. F. (2018). Implementasi mobile learning dengan model advance organizer dalam meningkatkan kemampuan kognitif kimia mahasiswa. PeTeKa Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3): 171-178.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2019). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum & konsep Islami. PT Refika Aditama.

Fauzi, I. (2017). Improving students’ speaking ability through small-group discussion. Journal of ELT Research: The Academic Journal of Studies in English Language Teaching and Learning, 130-138.

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011, June). Learning for 21st century skills. In International Conference on Information Society (i-Society 2011) (pp. 314-318). IEEE.

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 pandemic: technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, (3), 1-3.

Gon, S. & Rawekar, A. (2017). Effectivity of e-learning through whatsapp as a teaching learning tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4 (1), 19-25.

Goodwin, K. (2012). Use of tablet technology in the classroom. education & communities NSW Curriculum and Learning Innovation Centre. Sydney: Australia.

Halle, R. F. (2019). Penerapan model blended learning berbasis whatsapp untuk meningkatkan kemandirian belajar, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa kelas x mipa smak Kesuma Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada materi usaha dan energi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.

Hardiansyah, H., Genjik, B., & Syahrudin, H. (2014). Penggunaan model pembelajaran diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan hasil belajar ips terpadu di mts. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Hassan, N & Bao, Y. (2020). Impact of “e-learning crack-up” perception on psychological distress among college students during COVID-19 pandemic: A mediating role of “fear of academic year loss”. Children and Youth Service Review, 118, 1-8.

Hidayati, N. E., & Niati, B. (2019). The effect of using small group discussion technique on students' speaking skill at xi grade of mas kepenuhan. JEE (Journal of English Education), 5(2), 108-116.

Hoyles, C., & Lagrange, J.-B. (Eds.). (2010). mathematics education and technology-Rethinking the terrain. Springer.

Jannah, E. S. N. (2019). Penerapan metode pembelajaran “active learning-diskusi kelompok kecil ” di perguruan tinggi sebagai upaya peningkatan proses pembelajaran. FONDATIA, 3(2), 19-34.

Kemdikbud. (2020a). Mendikbud terbitkan se tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat COVID-19. In Kemdikbud (pp. 1–3).

Kemdikbud. (2020b). Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah. Jakarta, 28 Mei 2020, 8–9.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Kurniawan, H. (2017). Media pembelajaran mobile learning menggunakan android (Studi kasus jurusan sistem informasi IIB Darmajaya). Jurnal Sistem Informasi dan Telekomunikasi ISSN 2087-2062: 46-55.

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): Why global control is challenging. Public Health, 179, 1-2.

Liu, X., Li, L., & Zhang, Z. (2017). Small group discussion as a key component in online assessment training for enhanced student learning in web-based peer assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education, 1-16.

Masnunah. Penerapan model pembelajaran small group discussion berbasis multimedia terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi sejarah sastra. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1 (1), 21-29.

Mulyasa, E. (2010). Menjadi guru profesional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.

Naciri, A., Baba, M. A., Achbani, A., & Kharbach, A. (2020). Mobile learning in higher education: Unavoidable alternative during COVID-19. Aquademia, 4(1), ep20016. https://doi.org/10.29333/aquademia/8227.

Nadeak, B. (2020). The effectiveness of distance learning using social media during the pandemic period of COVID-19: A case in Universitas Kristen Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 1764–1772.

Nae, N. (2020). Online learning during the pandemic: Where does Japan a stand?. Euromentor Journal, 9 (2), 7-24.

Nana & Surahman, E. (2019). Pengembangan inovasi pembelajaran digital menggunakan model blended POE2WE di era revolusi industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika danAplikasinya), 82-90.

Novantara, P. (2013). Implementasi dan efektifitas mobile learning dengan menggunakan metode synchronous dan asynchronous learning pada pembelajaran bahasa Inggris di Universitas Kuningan berbasis android. Jurnal Buffer Informatika, 3(1) ISSN 2527-4856.

Pravitasari, I & Ismaniati, C. (2019). Small group discussion berbasis peer assesment: Meningkatkan keterampilan komunikasi lisan calon guru sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 1, 25-36.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk pengembangan media dan pembelajaran. UNY Press.

Purwanti, S. (2017). Penerapan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa PGSD UAD. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10-19.

Purwanto, A., Asbari, M., Fahlevi, M., & Mufid, A. (2020). Impact of work from home (WFH) on Indonesian teachers performance during the COVID-19 pandemic: An exploratory study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29 (5), 6235-6244.

Putrawangsa, S. & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0: Kajian dari perspektif pembelajaran matematika. JURNALTATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 42-54.

Putriawati, W. (2019). Penerapan metode pembelajaran small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 80-90.

Raiman, L., Antbring, R., & Mahmood, A. (2017). Whatsapp messenger as a tool to supplement medical education for medical students on clinical attachment. BMC Medical Education, 17 (7), 1-9.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Oliveira, S. M. M., Penedo, T. A. S., & Pereira, V. S. (2018). Distance education: Advantages and disadvantages of the point of view of education and society. Dialogia, 29, 139-152.

Saraswati, N. F. & Djazari, M. (2018). Implementasi metode pembelajaran diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan aktivitas belajar pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian siswa kelas x akuntansi smk Muhammadiyah Kretek tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 15-23.

Shahsanai, A., Siadat, Z. D., & Ghane-Jahromi, A. (2018). Evaluating the effects of mental health education by two methods of role playing and small group discussion on boy teenagers' mental health. Journal of Isfahan Medical School, 36(487), 771 – 778. https://doi.org/10.22122/jims.v36i487.10144

Silvana, A., Kustati, M., & Darmayanti, D. (2018). The use of small group discussion and snowballing techniques: An effort to enhance EFL students’ self–efficacy and speaking skill. Al-Ta lim Journal, 25(1), 77-86.

Simorangkir, N., Nurmanik, T., & Yuliwati, Y. (2019). Meningkatkan pemahaman bacaan siswa melalui diskusi kelompok kecil . In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Sulistyowati, N. W. (2017). Implementasi diskusi kelompok kecil dan collaborative learning untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun. Assets: jurnal akuntansi dan pendidikan, 5(2), 173-190.

Sun, L., Tang Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Material, 19 (1), 687.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen perencanaan pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183-193.

Susilo. (2009). Panduan penelitian tindakan kelas. Pustaka Book Publisher.

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Graha Ilmu.

Ulfah, I. N., Dethan, R. D., Realita, F., & Rosyidah, H. (2021). Learning method comparison between small-group discussion (SGD) and conventional to the knowledge improvement of midwifery department students. Journal of Health Technology Assessment in Midwifery, 4(1), 8-14.

Wijaya, M. I., Suzanna, S., Utomo, D., & Adnizio, K. (2021, August). Analyzing the impact of social presence on student satisfaction through small group discussion in a synchronous online learning. In 2021 International Conference on Software Engineering & Computer Systems and 4th International Conference on Computational Science and Information Management (ICSECS-ICOCSIM) (pp. 136-142). IEEE Computer Society.

Winarsih, A. & Mulyani, S. (2012). Peningkatan profesionalisme guru ipa melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.42427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats