Development of Instagram and YouTube Content Videos’ for Online Learning

Septinda Rima Dewanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sujarwo Sujarwo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Instructional videos uploaded on Instagram and Youtube for online learning media teachers are facing a problem regarding the student's complicity in the learning process. To captivate the student's interest in the learning activity, the teacher needs to use innovative media. The study aims to develop an instructional video that is uploaded on Instagram and YouTube. The research used educational design research. The research procedure is 1) analysis of practical problems by the researcher; 2) development of prototype solutions informed by existing design principles; 3) testing and refinement. The study used questionnaires and interviews as the instrument. The number of subjects is 40 students The study results show that the video that was developed meets the criteria relevance, consistency, practicality, and effectiveness. The average score of the study is >3. The conclusion of the research is the instructional video uploaded on social media can improve students' activities in online learning. Recommendation for future study is to pay more attention to the urgency of instructional media in online education.

 

Pengembangan Konten Video pada Instagram dan YouTube untuk Pembelajaran Daring

 

Salah satu kendala pelaksanaan pembelajaran secara online adalah rendahnya keterlibatan mahasiswa. Pembelajaran dengan memanfaatkan media sosial diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran yang dapat diunggah di media sosial Instagram dan YouTube. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah educational design research. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi 1) penelitian pendahuluan; 2) tahap pengembangan atau prototipe; 3) tahap asesmen/evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan pedoman wawancara. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 40 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah video pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria relevansi, konsistensi, kegunaan dan keefektifan yang ditunjukkan dengan rata-rata skor penilaian produk >3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media berupa video yang diunggah di media sosial, efektif membantu pelaksanaan pembelajaran daring bagi mahasiswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya terhadap urgensi penggunaan media pembelajaran yang menarik minat mahasiswa sehingga penelitian yang lebih mendalam tentang media pembelajaran perlu dilakukan.


Keywords


online learning; instructional video; social-media; online-learning; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 5(7), 395–402.

Amiel, T., & Reeves, T. C. (2008). Design-based research and educational technology: Rethinking technology and the research agenda. Journal of Educational Technology & Society, 11(4), 29–40.

Astuti, B. (2019). Profil kemandirian belajar mahasiswa bimbingan dan konseling. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 63–74.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika sd/mi. Muallimuna, 2(1), 47–66.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84.

Batubara, J. R. L. (2016). Adolescent development (perkembangan remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21–29.

Conners, F. A. (2003). Phonological working memory difficulty and related interventions. London: Colin Whurr.

Dewanti, S. R., Ramli, M., & Rahmawati, N. R. (2018). Pengembangan paket bimbingan rasa hormat untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 365–370.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dumford, A. D., & Miller, A. L. (2018). Online learning in higher education: exploring advantages and disadvantages for engagement. Journal of Computing in Higher Education, 30(3), 452–465.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, kendala dan solusi pembelajaran online selama pandemi covid-19: Studi ekploratif di smpn 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23.

Hutauruk, A. J. B. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan Matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Sepren, 2(1), 45.

Intania, E. V., & Sutama, S. (2020). The role of character education in learning during the covid-19 pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 129–136.

Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani, I. (2019). Pengembangan video blog (vlog) channel youtube dengan pendekatan stem sebagai media alternatif pembelajaran daring. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik Fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaatan sosial media youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7.

Khoiroh, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas viii smpn 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.

Kim, Y., & Thayne, J. (2015). Effects of learner–instructor relationship-building strategies in online video instruction. Distance Education, 36(1), 100–114.

Kizilcec, R. F., Bailenson, J. N., & Gomez, C. J. (2015). The instructor’s face in video instruction: Evidence from two large-scale field studies. Journal of Educational Psychology, 107(3), 724.

Kohnke, L. (2021). Professional development and ict: English language teachers’ voices. Online Learning (Newburyport), 25, 36–53.

Kristanto, Y. D. (2018). Calon pengajar sebagai produser: Berlatih merancang pembelajaran melalui produksi video. Diakses dari http://people.usd.ac.id/~ydkristanto/index.php/2018/07. Diakses tanggal 20 Agustus 2021, jam 19.00.

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2017). Youtube: Trobosan media pembelajaran ekonomi bagi mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 219–229.

Mamin, R., & Arif, R. N. H. (2019). Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah IPA sekolah. Seminar Nasional LP2M UNM, Sabtu 16 November 2019 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Medan.

McKenney, S., & Reeves, T. C. (2018). Conducting educational design research. London: Routledge.

Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N. I., & Kasem, N. (2018). Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube. The International Journal of Management Education, 16(1), 37–42.

Orús, C., Barlés, M. J., Belanche, D., Casaló, L., Fraj, E., & Gurrea, R. (2016). The effects of learner-generated videos for youtube on learning outcomes and satisfaction. Computers & Education, 95, 254–269.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational Design Research, 11–50.

Prasetiawan, H., & Alhadi, S. (2018). Pemanfaatan media bimbingan dan konseling di sekolah menengah kejuruan muhammadiyah se-kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 87–98.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282–289.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis efektifitas pembelajaran daring (online) untuk siswa smk negeri 8 kota Tangerang pada saat pandemi covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1-7.

Rahmawati, N. S., Santoso, A., & Andajani, K. (2017). Respons siswa kelas vii terhadap pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1092–1096.

Ramadhan, A., & Aminatun, T. (2019). Efektivitas model pembelajaran auditory intellectualy repetition dipadu media video terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 407–413.

Rasagama, I. G. (2019). Efektivitas model pembelajaran getaran harmonis berbasis video dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa politeknik negeri Bandung. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 178–190.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2019). Pengembangan multimedia interaktif informasi karier untuk meningkatkan kematangan karier siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(3), 88–93.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi implementasi sistem pembelajaran daring fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66–71.

Sari, M. P., & Lubis, E. E. (2017). Fenomena penggunan media sosial instagram sebagai komunikasi pembelajaran agama Islam oleh mahasiswa fisip universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1–13.

Sindang, E. (2013). Manfaat media sosial dalam ranah pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.

Sulata, M. A, & Hakim, A. A. (2020). Gambaran perkuliahan daring mahasiswa ilmu keolahragaan unesa di masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3).

Suwarno, M. (2017). Potensi youtube sebagai sumber belajar matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7.

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas x sma negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47–52.

Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi covid-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175–196. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302.

Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & Mantasiah, R. (2018). Efektivitas penggunaan media youtube berbasis various approaches dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.40253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats