Pemilihan Media Pembelajaran Terbaik Sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif Menggunakan Metode SAW

Trisnawati Trisnawati, STMIK Pringsewu, Indonesia
Dwi Puastuti, STMIK Pringsewu, Indonesia
Lutvia Sholeha, STMIK Pringsewu, Indonesia

Abstract


Dalam menentukan media pembelajaran bagi anak PAUD dan TK,  guru harus memiliki kreativitas yang tinggi dan  wawasan yang luas. Jumlah PAUD dan TK yang ada di kecamatan pringsewu ada 52 dan penelitian dilakukan di salah satu PAUD yang ada di kecatamatan pringsewu yaitu PAUD AL HADDII. Sistem pendukung keputusan bisa menjadi cara alternatife yang interaktif guna membantu mengambil keputusan melalui data dan informasi. Metode Simple Addtive Weighting (SAW) dapat membantu dalam pengambilan keputusan suatu  masalah dalam perhitungan.akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode Simple additive weighting ini hanya akan menghasialkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif terbaik. Perhitungan akan sesuai dengan metode ini apabila alternatif yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dengan demikian melakukan perankingan terhadap bobot nilai yang diambil dari criteria C1audio,C2 Visual,C3 audio visual, C4lingkungan, C5 permainan, C6 seni rupa. Dari hasil tiga alternative yang diuji didapatkan nilai dari hasil A1 = 67, A2 = 91.5, A3= 92, dengan nilai terbesar ada pada A3 sehingga A3 yaitu kurikulum 2013. Media pembelajaran nya adalah music, gambar, dongeng, keluarga, membangun menara, dan kolase.  dapat dikatakan sebagai media pembelajaran Terbaik. Manfaat yang ingin dicapai dari penelitian adalah untuk meningkatkan kulitas hasil belajar anak,proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik , dan dalam penyampaian materi pembelajaran dapat disamaratakan.


Keywords


learning media, decision support system, simple additive weighting

Full Text:

PDF

References


Saptiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) untuk Menstimulasi Kognitif Anak Usia Dini,”Skripsi, vol. I, pp. 100-118, 2016.

K. Dewi, P. Studi, P. Islam, A.Usia, and A. U. Dini, “Pentingnya Media Pembelajaran.”

Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini per Kec. Pringsewu. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=121005&level=3. Diakses tanggal 2 Agustus 2018 pukul 08.50

Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan”. Yogyakarta, Andi. 2007.

M. Muslihudin and Sutini, “Kualitas Batu Bata Terbaik Di Wilayah Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) , “Proseding Senapati, vol. 1, no. 1, pp. 98-103, 2016.

M. Gumanti, T. S. Susilowati, F. Satria, and D. T. Pujiati, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Dari Dinas Pendidikan Kab. Pringsewu Menggunakan Metode SAW ( Studi Kasus Sma Muhammadiyah 01 Pringsewu ),” Pros. Senat., vol. 1, no. 0, 2015.

H. Sulistiyo, “Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Di Sma Negeri 6 Pandeglang,” pp. 1-6, 2008.

https://gurudigital.id/pengertian-contoh-dan-software-pembuat-media-pembelajaran-interaktif. Diakses pada tanggal 13 desember 2017 pukul 17:55 WIB

E. Suminah, “Kurikulum Didikan A. U. Dini Apa, Mengapa Dan Bagaimana”. Direktorat Pembinaan Paud, Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Republik Nasional, no. 58, 2009.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pedoman Penilaian Di Taman Kanak-Kanak. 2005.

Kemendikbud, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. 2015.

Fatmawati, R. Irviani, E. S. Rachman, I. P. A. A. Sinthiya, M. Kristina, “Tata Kelola Teknologi Informasi Sebagai Implementasi E-Goverment Pada Kabupaten Pemekaran Untuk Meningkatkan Potensi Daerah ( Studi Kasus Kabupaten Pringsewu Lampung )”.

O. Rido Sanjaya1, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kost Di Pringsewu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (saw), “ Sist. Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kost Di Pringsewu Menggunakan Metod. Simple Addtive Weight, pp. 458-464.

R. Suhandi, L. Anggraini, M. Muslihudin, “ Cara Penentuan Kelayakan Calon Kepala Desa Pada Desa Blitarejo Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, 2016.

A. Purwaningsih “ Pemilihan Beasiswa Dengan Metode Simple Addtive Weighting ( Studi Kasus SD Negeri 3 Patoman)




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.30474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter