Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA

Dian Kurniati, University of Jember, Indonesia
Romi Harimukti, University of Jember, Indonesia
Nur Asiyah Jamil, University of Jember, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan indikator yang telah disusun. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam penelitian ini meliputi kemampuan logika dan penalaran, analisis, evaluasi, serta kreasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dari 30 siswa yang tersebar di beberapa SMP di Kabupaten Jember didapatkan bahwa 18 siswa mampu melakukan kemampuan logika dan penalaran, analisis, evaluasi, serta kreasi dengan baik dalam menyelesaikan beberapa soal, sehingga tergolong memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan level sedang. Selanjutnya, 12 siswa tidak mampu melakukan kemampuan analisis, evaluasi, kreasi, logika dan penalaran dengan baik dalam menyelesaikan semua soal, sehingga tergolong memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan level rendah.

Kata kunci: PISA, kemampuan logika dan penalaran, kemampuan analisis, evaluasi, kreasi

 

THE  HIGHER ORDER THINKING SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT JEMBER DISTRICT IN SOLVING PISA STANDAR-BASED TEST ITEM

Abstract

The purpose of this research was to describe the higher order thinking skills of students in solving PISA standar-based test item based on indicators that had been compiled. The indicators in this research were the ability of logic and reasoning, analysis, evaluation, and creation. This research is a descriptive qualitative approach. The data collection methods in this research were documentation, test, and interview. From 30 students spread across many Junior High Scoolls in Jember district, 18 students are found to be able to perform logic skills and reasoning, analysis, evaluation, and creation well in resolving some of the problems, thus classified as having high level thinking skills with moderate level. Furthermore, 12 students are not able to perform analytical skills, evaluation, creation, logic and reasoning well in solving all the problems, so they are considered to have low level high order thinking skill.

Keywords: PISA, logic and reasoning, analysis, evaluation, creation skills

Keywords


PISA; Logic and Reasoning; Analysis, Evaluation, and Creation Skills.

Full Text:

Fulltext PDF

References


Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (PysTHOTS) peserta didik sma. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. Retrieved from http://dx.doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Lewy, Zulkardi, & Aisyah, N. (2009). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/326/89

OECD. (2013). PISA 2012 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. German: OECD Publishing.

OECD. (2014). PISA 2012 results in focus: What 15 year olds know and what they can do with what they know. German: OECD Publishing.

Setiawan, H. (2014). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember.

Sudrajat, A. (2011). Kemampuan menganalisis dalam pembelajaran. Retrieved October 27, 2015, from https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/05/08/kemampuan-menganalisis-dalam-pembelajaran/

Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Wardhani, S. (2015). Pembelajaran dan penilaian aspek pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, pemecahan masalah. Retrieved April 23, 2015, from http://p4tkmatematika.org/file/PRODUK/PAKET FASILITASI/SMP/Standar Penilaian Pendidikan.pdf

Yudhanegara, M. R. (2012). Taksonomi bloom. Retrieved October 27, 2015, from http://mridwanyudhanegara.blogspot.co.id/2012/03/taksonomi-bloom.html




DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:

   

ISSN 2338-6061 (online)    ||    ISSN 2685-7111 (print)

View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics