Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013

Kamiludin Kamiludin, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. Jalan Colombo No.1 Yogyakarta 55281, Indonesia
Maman Suryaman, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Yogyakarta. Jalan Colombo No.1 Yogyakarta 55281, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian pembelajaran, problema guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran, dan langkah guru dalam menyiasati problema pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Ungaran dan SD Negeri Serayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.Subjek penelitian enam guru kelas IV yaitu tiga guru SD Negeri Ungaran dan tiga guru SD Negeri Serayu. Instrumen utama penelitian ini adalah human instrument. Instrumen pendukung menggunakan, pedoman wawancara, alat rekam, dan pedoman observasi. Teknik analsis data menggunakan analisis interaktif Miles Huberment (pengumpulan data, reduksi, display, dan verifikasi/membuat kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 belum sesuai standar. Enam guru yang menjadi informan, hanya satu guru yang berhasil melaksanakan sesuai standar yakni GS3,2) Problematika pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 meliputi; waktu, pemahaman guru, produktivitas guru, kepedulian guru dan mindset guru, 3) Bentuk siasat guru dalam mengatasi problematika yaitu siasat kolektif dan individual.

Kata Kunci: pelaksanaan penilaian pembelajaran, dan Kurikulum 2013

 

Problems on the learning assessment of Curriculum 2013

 

Abstract

This study aimed to investigate the implementation of learning assessment of Curriculum 2013, the problems teachers in conducting learning assessments of Curriculum 2013, and teachers step in negotiating the problems encountered in the implementation of Curriculum 2013learning assessment in primary schools Serayu and Ungaran. This was a qualitative research with a case study. The subjects of the research were six teachers of grade IV, Three of Ungaran and Three of Serayu Elementary Schools. The main instrument was the human instrument. While supporting instruments used interview guid, tape recorder, and observation sheet. The data were analysed using interactive analysis Miles Huberment (data collection, reduction, display, and verification/conclude). These results indicate that 1) the implementation of learning assessment of Curriculum 2013 has not met standards. However, of the six teachers who became the subject of study, only one teacher managed to carry out met standards that GS3, 2) the problems of learning assessment of Curriculum 2013include; time, teachers’understanding, teachers’ productivity, teachers’ awareness and teachers’mindset, 3) the teachers strategy in addressing the problemis the teacher collective and individual strategy.

Keywords: assessment of learning and Curriculum 2013

Keywords


pelaksanaan penilaian pembelajaran; dan Kurikulum 2013

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 2. 164-178.

Ahmadi, I. K. dan Sofan Amri. (2014). Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT. Preastasi Pustakaraya.

Depdiknas. (2006). Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 tahun 2013, tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Dewi, A.E.A. & Mukminan. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ips Di Middle Grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 20 - 31, feb. 2016. ISSN 2460-9927. Available at: . Date accessed: 06 apr. 2016.

Haylock, D. & Thangata, F. (2007). Key concept in teaching primary mathematics. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 SD.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 SD, Panduan Teknis Penilaian Sekolah Dasar.

Kidd, W. & Czerniawski, G. (2010). Succesful teaching 14-19 theory practice and reflection. New Delhi, India: Sage Publication.

Kunandar. (2013). Penilaian Otentik “Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulim 2013”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Nasution. (2011). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Oliva, P.F. (1992). Develoving the curriculum (thirth edition). New York, NY: Harper Collins Publisher.

Print, M. (1993). Curriculum development and design. Sydney: Allen & Unwin.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Schunk, D.H. (2008). Learning theories an educational perspective. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Rasidi, M. A. & Setiawati, F.A. (2015). Faktor-Faktor Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd Kota Mataram. Jurnal Prima Edukasia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 155 - 165, july 2015. ISSN 2460-9927. Available at: . Date accessed: 06 apr. 2016.

Suhelayanti (2012). Kemampuan Guru Dalam Mendesain Dan Mengimpelementasikan Penilaian Otentik Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Condongcatur”. Tesis, tidak dipublikasikan. Pascasarjana Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sutrisno, S. (2010). Identifikasi Kelemahan Dan Tantangan Pada Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Di Madrasah Ibtidaiyah Serta Usulan Solusinya. Tesis, tidak dipublikasikan. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Preastasi Pustaka.

Wuryadani, W. (2009) Penilaian Efektif Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Tesis, tidak dipublikasikan. Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Yin, R.K. (2012). Studi Kasus Desain & Metode. (Diterjemah oleh Mudzakir. M. D.) Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Prima Edukasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats