Peningkatan kreativitas siswa kelas IV SD melalui pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan open-ended

Resna Maulia Ayu Bernadi, SD Negeri 1 Prapaglor Purworejo, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IV SD Negeri I Prapaglor, Pituruh, Purworejo melalui pembelajaran tematik integratif dengan menerapkan pendekatan open ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pendekatan open endedkreativitas peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik yang telah mencapai kriteria kreatif atau sangat kreatif sebanyak 12 anak (75%). Hasil tes kreativitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Hasil tes kreativitas peserta didik yang mencapai kategori kreatif dan sangat kreatif pada siklus I sebesar 0%, siklus II 31,25%, dan siklus III 75%.

Kata Kunci: kreativitas, tematik integratif, pendekatan open ended

 

Enhancing creativity class IV SD tematik learning through integrative approach to open-ended


Abstrack

This research aims at revealing the creativity of the fourth grade students of Prapaglor 1 State Elementary School, Pituruh, Purworejo throughthematic integrative teaching with the open ended approach. This research is a classroom action research conducted in three cycles. The result of the research shows that there is an improvement on the students after the open ended approach was implemented in the teaching and learning process. There are 12 students having high creativity (75%). There is enhancement on the students’ creativity from Cycle I to Cycle II and from Cycle II to Cycle III. The result of the creativity test of the students having high creativity (very creative) in Cycle I is 0%, Cycle II was 31.25%, and Cycle III is 75%.

Keywords: creativity, thematic integrative, open ended approach

Keywords


kreativitas; tematik integratif; pendekatan open ended

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Mahmudi, A. (November 2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, di Universitas Negeri Yogyakarta

Budiharti, B., Jailani, J.. Keefektifan model pembelajaran matematika realistik ditinjau dari prestasi belajar dan kreativitas siswa sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, North America, 2, jan. 2014. Available at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2642

Downing, J. P. (1997). Creative Teaching : Ideas to Boost Student Interest. Libraries Unlimited

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Hurlock, E. B. (2000). Perkembangan Anak Jilid 2. (Terjemahan dr. Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga

Handika, I., Wangid, M.. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, North America, 1, jan. 2013. Available at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2320

Nohda, N. (2008). A Study of “Open-Approach” Method in School Mathematics Teaching – Focusing On Mathematical Problem Solving Activities. Diambil pada tanggal 2 Oktober 2014 dari http://www.nku.edu/~sheffield/nohda.html

Nurmin, N., Kartowagiran, B.. Evaluasi kemampuan guru dalam mengimplementasi pembelajaran tematik di sd kecamatan salahutu kabupaten maluku tengah. Jurnal Prima Edukasia, North America, 1, jul. 2013. Available at:

Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. Diambil pada tanggal 2 Oktober 2014 dari http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a1.pdf

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Arikunto,S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya

Sullivan, P., Warren, E., & White, P. (2000). Students' Responses to Content SpecificOpen-Ended Mathematical Tasks. Mathematics Education Research Journal Vol. 12/ No.1, 2-17

Takahashi, A. (2008). Communication as Process for Students to Learn Mathematical. Diambil tanggal 10 Oktober 2014 dari http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2008/papers/PDF/14.Akihiko_Takahashi_USA.pdf.

Munandar, U. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats