PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF

Yuni Faryanti Sukri, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Djamilah Bodan Widjajanti, Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran tematik-integratif siswa kelas IV SDN di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Populasi penelitian ini adalah 4 SD di kecamatan Ujung Kota Parepare yang telah menerapkan kurikulum 2013 dan untuk menentukan sampel digunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent-groups Pretest-Posttest Design. Kelas eksperimen yaitu kelas IV SDN 44 Parepare (n=25) dengan pendekatan RME dan kelas kontrol yaitu Kelas IV SDN 22 Parepare (n=24) dengan pendekatan konvensional. Menggunakan tingkat signifikansi α = 5% dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan RME berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD dibandingkan dengan pembelajaran tematik-integratif biasa (konvensional) karena siswa berperan aktif dalam kesuksesan pembelajaran, siswa tidak menjadi pasif dan tidak hanya mendengarkan materi yang diajarkan.

Kata Kunci: pendekatan RME, motivasi belajar, prestasi belajar

 

THE EFFECTS OF RME APPROACHES ON MOTIVATION AND LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS THROUGH THEMATIC-INTEGRATIVE LEARNING

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Realistic Mathematic Education (RME) on motivation and academic achievement through integrative thematic learning among fourth grade students of elementary school in Ujung Parepare District. The population was 4th in the district Ujung Parepare that have implemented the 2013’ curriculum and to determine the sample used simple random sampling technique. This study was a quasi-experimental research design, with nonequivalent pretest-posttest - groups design. The experimental class was students of class IV SD Negeri 44 Parepare (n=25) and control class was students of class IV SD Negeri 22 Parepare (n=34). Using a significance level α = 5 % can be concluded that: Thematic-integrative learning approach Realistic Mathematic Education has significant effect on motivation and academic achievement in elementary school than conventional usual thematic learning-integrative because students play an active role in the success of learning, students do not become passive and are not just listening to the material being taught.

Keywords: RME approach, learning motivation, learning achievement

Keywords


pendekatan RME; motivasi belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Abrantes, P. (2001). Mathematical competence for all: Options, implications and obstacles. Educatonal Studies in Mathematics, 47: 125-143.

Arends, R.I. (2007). Learning to teach. Avenue of the Americas, New York: McGraw-Hill Companies

Arul, M.J. (2001). Motivational. Diambil pada tanggal 11 januari 2014 dari: http://arulmj.net/motivn.html

Chance, P. (2003). Learning and behavior. Belmont:Thomson Learning.

Freudenthal. Realistic matematic education. Utrecht : Freudenthal Institut

Hadi, S. (2005). Pendekatan matematika realistik dan implementasinya. Cetakan pertama, Tulip: Banjarmasin

Hajar, I. (2013). Panduan lengkap kurikulum tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press

Lake, K. (1994). Integrated curriculum. School improvement research series. Close-Up#16

Liu, M.C., & Wang, J.-Y. (2010). Investigating knowledge integration in web-based thematic learning using concept mapping assessment. Educational Technology & Society, 13 (2), 25–39.

Mednick, F. (2006). Instructional theories. Connection module. Diambil pada tanggal 24 Juli 2013 dari http://cnx.org/content/m13291/1.5/

Randle, I. (2010). The measure of success: Integrated thematic instruction. Diambil pada tanggal 2 April 2013, dari http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/0009 8659709599331

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Republik Indonesia. (2007). Undang-undang RI nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan dasar dan menengah

Santrock, J.W. (2013). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali pers.

Schunk, D.H. (2008). Learning theories. The University of North Carolina at Greensboro:Pearson.

Schunk, D.H. (2012). Learning theories (terjemahan Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar). Jakarta: Pustaka Pelajar

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Supinah & Agus D.W. (2009). Strategi pembelajaran matematika sekolah dasar. Jakarta: PPPPTK Matematika Departemen Pendidikan Nasional.

Susan & Rebecca. (2004). Integrated curriculum. America: ASCD

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran matematika realistik. Jakarta: Dirjen Dikti

Treffers, A. (1991). Didactical background of mathematics program for primary education in primary school, Utrecht: Freudenthial Institut




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats