PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF TEMA MENGHARGAI JASA PAHLAWAN BERBASIS SOSIOKULTURAL DI SEKOLAH DASAR

Waridah Waridah, STKIP Melawi Kalimantan Barat, Indonesia
Aman Aman, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural yang layak bagi peserta didik dan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dikelompokkan ke dalam lima tahapan yaitu ekplorasi, perencanaan, pengembangan produk, uji produk dan finalisasi. Subjek uji coba penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu Yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 72 peserta didik terdiri dari 22 peserta didik uji utama dan 50 peserta didik uji coba terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli, praktisi dan rekan sejawat menunjukkan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural layak digunakan dengan kategori sangat baik. Keefektifan ditinjau dari hasil posttest menunjukkan ada peningkatan rata-rata 36% dengan ketuntasan belajar 84%. Ada perbedaan keefektifan perangkat pembelajaran yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi p=0,001≤0,05.

Kata Kunci: pembelajaran tematik-integratif, perangkat pembelajaran, sosiokultural.

 

DEVELOPING A THEMATIC-INTEGRATIVE LEARNING EQUIPMENT THE THEME MENGHARGAI JASA PAHLAWAN WITH SOCIOCULTURAL BASIS AT ELEMENTARY SCHOOL

Abstract

The aims of this research are to determine of learning equipment of thematic-integrative with sociocultural basis suitable to students and determine the effectiveness of learning equipment of thematic-integrative with sociocultural basis in improving student learning outcomes elementary school. This research used the research and development. Development referred to the Borg and Gall development model which is classified into five stages consist of exploratory research, planning, product development, product testing, and finalization. Subjects of the research were fourth grade students of SD Negeri Serayu Yogyakarta at semester two in the academic year of 2013/2014 with the total number of students 72 which consist of 22 main test learners and 50 learners of field operational test. The results show that results of validation experts, practitioners, and colleagues demonstrated thematic-integrative learning equipment based sociocultural can be used with the excellent category. Effectiveness in terms of the results of posttest show an increase with an average of 36 % with a 84 % passing grade. There are significant differences in the effectiveness of the learning equipment between the experimental class and the control class with the significance p=0.001 ≤0.05.

Keywords: thematic-integrative learning, learning equipment, sociocultural

Keywords


pembelajaran tematik-integratif; perangkat pembelajaran; sosiokultural

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bodrova, E & Leong, D.J. (1996). Tools of the mind. The Vygotskian approach to early childhood education. Englewood Cliffs: Prentice-Hall. Inc.

Feldman, R.S. (2012). Discovering the life span. (2nd ed). New York: Pearson Prentice Hall.

Jackman, L.H. (2012). Early education curriculum. Bemidji: Wadasworth.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Per-ubahan dan pengembangan kurikulum 2013 merupakan persoalan penting dan genting. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J.W. (2011). Masa perkembangan anak (Terjemahan). (Edisi 11). New York: McGraw Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2009)

Santrock, J.W. (2012). Life-span development (Terjemahan). (Edisi ketigabelas). Jilid I. New York: McGraw Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2011)

Schunk, D.H. (2012). Learning theories an educational perspective. Boston: Person.

Suhadi. (2007). Penyusunan perangkat pembel-ajaran dalam kegiatan lesson study. Diakses pada tanggal 24 Juli 2013 dari http://suhadinet.wordpress.com/ 2008/05/28/penyusunan-perangkat-perangkat-pembelajaran-dalam-kegiatan-lesson-study/.

Tilaar, H.A.R & Nugroho, R. (2009). Kebijakan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran aktif, teori dan asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats