PENGEMBANGAN WEB-BASED MATHEMATICS LEARNING SISWA KELAS V SDN KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA

Titin Mulyaningsih, SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta, Indonesia
Lantip Diat Prasojo, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan web-based mathematics learning yang layak untuk siswa kelas V di SD Kotagede 3 Yogyakarta. Disamping itu web-based mathematics learning yang dikembangkan dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 langkah kegiatan. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari tiga siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 20 siswa uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media dan angket tanggapan untuk siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskripstif. Hasil validasi ahli materi menunjukkan skor rata-rata 80 yang termasuk kriteria sangat baik. Sedangkan hasil validasi ahli media menunjukkan skor rata-rata 70 termasuk dalam kriteria baik. Tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan termasuk baik yaitu dengan perolehan skor rata-rata 17,9 atau sebesar 89,5% siswa menyatakan bahwa produk pengembangan ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar yang menyenangkan.

Kata kunci: web-based learning, pembelajaran matematika

 

DEVELOPING WEB-BASED MATHEMATICS LEARNING FOR THE FIFTH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL KOTAGEDE 3, YOGYAKARTA

Abstract

This study aims to produce a web-based mathematics learning viable for fifth grade students in elementary Kotagede 3 Yogyakarta. Besides, web-based learning mathematics developed in order to create a fun learning. This study is a research and development activities consist of 10 steps. The subjects were 32 students consisting of three students individual trials, nine trials a small group of students, and 20 students field trials. The instruments used in data collection is for the expert validation sheet material, media experts and questionnaire responses for the students. Analyzed using descriptive statistics. Matter expert validation results showed an average score of 80 which included criteria very well. While media expert validation results showed an average score of 70 included in both criteria. Student responses to the products developed, including both acquisition is by an average score of 17.9 or 89.5% of students stated that product development is feasible to be used as a source of fun learning.

Keywords: web-based learning, mathematics learning

Keywords


web-based learning; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction, fifth Edition. Longman.

Johan, R. (2011). Hakikat teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Diambil pada tanggal 13 Mei 2013, dari http://www. teknologipendidikan.net/.

Koesnandar, A. (2008). Pengembangan bahan ajar berbasis web. Diambil pada tanggal 12 Mei 2013, dari http://www. teknologipendidikan.net/pengembangan-bahan-belajar-berbasis-web.

Prakoso, K.S. (2005). Membangun e-learning dengan moodle. Yogyakarta: Andi Offset.

Prasojo, L.D & Riyanto. (2011). Teknologi informasi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Rechdalle, P. (2005). Internet dan pendidikan. Diambil pada tanggal 13 Mei 2013, dari http://www.ependidikan.com/ inter.html.

Surjono, H.D. (2009). Membangun e-learning dengan moodle. Diambil pada tanggal 6 Mei 2013, dari http://blog.uny.ac.id/hermansurjono.

Surjono, H.D. (2011). Membangun course e-learning berbasis moodle. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats