PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD KELAS VI SDN 8 PADANG LAWEH

Tasrial Efendi, SD Negeri 8 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat, Indonesia
Suhardi Suhardi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI SDN 8 Padang Laweh dengan pendekatan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran membaca intensif terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran membaca intensif siswa. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dari rata-rata 64,33 pada siklus 1 menjadi 80,67 pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran rata-rata 69,00 dengan kategori baik pada siklus 1 menjadi 83,00 pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Kemampuan membaca intensif siswa mengalami peningkatan, yaitu dari rata-rata 66,33 pada siklus 1 menjadi 80,73 pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Jadi pelaksanaan tindakan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yakni nilai perolehan rata-rata kemampuan membaca intensif mencapai KKM 70,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%.

_____________________________________________________________________________________________________________________________________

IMPROVING THE INTENSIVE READING ABILITY BY COOPERATIVE LEARNING OF THE STAD TYPE IN GRADE VI SDN 8 PADANG LAWEH

ABSTRACT

The purpose of this research is to improve the learning process and the intensive reading ability of students of grade VI SDN 8 Padang Laweh through cooperative learning approach of the STAD type. This research used the classroom action research design. This research was done in two cycles in semester 1 of the academic year 2013/2014. The data collection techniques used were test, observation, documentation, and field note. The result shows that the cooperative learning of the STAD type in learning process of intensive reading affects the improvement of the result and process of the intensive reading learning of the students. There is an improvement in students’ activity in the learning process with an average score of 64.33 in the first cycle to become 80.67 in the second cycle or in a very good category. The teacher’s activity in the learning process has an average score of 69.00 or good category in the first cycle and becomes 83.00 in the second cycle, or in a very good category. The intensive reading ability of the students had an average score of 66.33 in the first cycle and became 80.73 in the second cycle or in a very good category. So, the action from cooperative learning approach of STAD type has reached the success indicator in this research, that is the average score of intensive reading ability of 70.00 and the classical mastery of 80%.

Keywords: intensive reading ability, learning cooperative of STAD Type

Keywords


kemampuan membaca intensif; pendekatan cooperative learning tipe STAD

Full Text:

PDF

References


Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Grasindo

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan: bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Pardjono, dkk. ( 2007). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Saleh, A. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwandi, S. ( 2009). Model assesmen dalam pembelajaran. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Tompkins, G.E., & Hoskisson, K. (1995). Language arts: Content and teaching strategies. London: Merril Prentice Hall Inc.

Wassid, I. & Suhendar, D. (2009). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats