PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SEKOLAH DASAR

Indah Perdana Sari, SD Negeri Jigudan Pandak Bantul Yogyakarta, Indonesia
Kastam Syamsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui keefektifan buku pelajaran tematik-integratif dengan tema “Mari Bermain Sambil Berolahraga” berbasis nilai karakter disiplin dan tanggung jawab untuk peserta didik kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Brog & Gall. Uji coba produk melibatkan 67 peserta didik kelas III SD 2 Padokan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan buku pelajaran yang dikembangkan dari aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik”, aspek kebahasaan berkategori “sangat baik”, aspek penyajian berkategori “sangat baik”, dan aspek kegrafikaan berkategori “sangat baik”. Hasil untuk nilai karakter disiplin menunjukkan uji-t= -3,110 dengan P sebesar 0,000 dan nilai karakter tanggung jawab menunjukkan hasil uji-t= -4,440 dengan P sebesar 0,003. Selain itu, nilai hasil belajar menunjukkan 100% peserta didik tuntas dalam pembelajaran.

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DEVELOPMENT THEMATIC-INTEGRATIF TEXTBOOKS BASED ON DISCIPLINE AND RESPONSIBILITY VALUES IN ELEMENTARY SCHOOL

ABSTRACT

This study aims to: produce and determine the effectiveness of thematic-integrative textbooks with the theme of "Let's Play while Exercising" based on discipline and responsibility values. This study is a Research and Development (R & D) with a Brog and Gall model. The tryout involved 67 students of grade III in Padokan Bantul Elementary School 2. This is evidenced by the results of expert evaluation showing the textbooks  developed is terms of the feasibility contents category is "very good", aspects of language category is "very good", aspects of presentation category is "very good", and aspect of grapichlly category is "very good". As for discipline value results of t-test = -3.110 with P values of 0.000 and the value of responsibilities results of t-test = -4.440 with P values 0.003. Moreover, the data of the learning result show is 100% learning mastery.

Keywords: textbooks, thematic-integrated, discipline value, responsibiliy value

Keywords


buku pelajaran; tematik-integratif; nilai karakter disiplin; nilai karakter tanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian (rev. ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Busch, I., et al. (2009). Two thematic units for the school curriculum: an initiative by the Kinder Lernen Deutsch Steering Committee's Writing Team1. Scholarly Journal, 42, No. 2.

Darmaningtyas. (2013). Kurikulum 2013: mengantar ke masyarakat teokrasi.. Diakses tangal 06 Juli 2013. Dari http://www.darmaningtyas.com.

Davies, R., & Brown, R.S. (2011). A programmatic approach to teaming and thematic instruction. Educational Technology, 26, No. 1. Diambil pada tanggal 23 November 2013, dari http://search.proquest.com/ docview/2561005?accountid=31324.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dick, W., Carey, L., Carey, J.O. (2001). The systematic design of instruction (5th ed). New York: Longman.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud. (2012). Keberhasilan kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 06 Juli 2013http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-5.

Kemendikbud. (2013). Kompetensi dasar SD/ MI. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Kesuma, D., Trianta, C., & Premana, J.. (2012). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja RoSekolah Dasarakarya.

Lickona, T. (1991). Educating for character how our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Liu, M.-C., & Wang, J.-Y. (2010). Investigating knowledge integration in web-based thematic learning using concept mapping assessment. Educational Technology & Society, 13 (2), pp.25–39.

Sitepu, B.P. (2012). Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Sukarjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Webb, P.P.P. (2012). Creative unit and lesson planning through a thematic/integrated approach to Teaching Games for Understanding (TGfU). Scholarly Journal Vol. 43, No. 3.

Zuchdi, D., Prasetyo, Z.K., & Masruri, M.S. (2011). Laporan penelitian hibah pasca pengembangan model pendidikan ka-rakter dengan pendekatan komprehensif, terpadu dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS di SD Tahun III. Yogyakarta: UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats