PERBANDINGAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA KOMUNITAS HOMESCHOOLING DENGAN SISWA REGULER SD MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Budi Wijayarto, Profesional Education Counsultant, Indonesia
Haryanto Haryanto, Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi sosial anak yang mengikuti model pendidikan homeschooling dan model pendidikan konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa berusia 9-13 tahun, laki-laki dan perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket. Adapun angket yang digunakan adalah skala kompetensi sosial yang disusun oleh peneliti sendiri dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Frey & Bos (2012) hingga dihasilkan aitem sebanyak 24 aitem. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan fasilitas program SPSS 16.0 for Windows, untuk menguji apakah terdapat perbe-daan kompetensi sosial anak yang mengikuti model pendidikan homeschooling dan konvensional. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan fasilitas program SPSS 16.0 for Windows dengan Teknik Independent Samples T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi Sosial antara siswa homeschooling dengan siswa SD reguler, dimana siswa homeschooling lebih tinggi kompetensi sosialnya daripada siswa sekolah reguler.

_________________________________________________________________________________________________________________________________________________

COMPARISON SOCIAL COMPETENCE BETWEEN HOMESCHOOLERS IN SOLO WITH REGULAR ELEMENTARY STUDENTS IN SD MUHAMMADIYAH 1, SOLO

ABSTRACT

The purpose of this research is to know the difference social competence between children that following homeshooling education model and regular education model.  The subjects in this research were childrens with 9-13 of age, boys and/or girls. The data was collected using social competence scale that was made by writer also the items from aspects that was publicated by Frey and Bos (2012). The data was tested by using SPSS 16.0 for Windows, to know are there any differences of social competence between children that following homeschooling education model and regular. The data was tested by using SPSS 16.0 for Windows by The Independent Technic Samples T-test. Based on the test, there were any differences of social competence between children that following homeschooling education model and regular education model, in which the social competence of children that following homeschooling education model is higher than children that following regular education model.

Keywords: social competence, homeschooling

Keywords


kompetensi sosial; homeschooling

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2012). Buku pintar homeschooling: menjadikan belajar lebih nyaman dan mengena. Jogjakarta: Flashbooks

Frey, KA & Bos, W. (2012). A Psychometric analysis of a large-scale social competence inventory for elementary school children. Journal for Educational Research Online (JERO). Vol. 4, No. 1

Haugen, D.L. (2005). The social competence of homeschooled and conventionally schooled adolescents: A preliminary investigation (Disertasi doktor, George Fox University 2005). Dissertation Abstracts, diambil tanggal 30 April 2013 http://proquest.umi.com/pqdlink?did=954075351&Fmt=7&clientId=79356&RQT=309&VName=PQD

Novianti, Langgersari Elsari (2008). Perkem-bangan sosial pada anak homeschooling usia sekolah dasar (6-12 tahun). Suatu kajian pustaka terhadap fenomena homeschooling pada anak usia sekolah dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Republik Indonesia (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sumardiono. (2010). Warna Warni Homeschooling. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats