MAMPUKAH TAM MENJELASKAN FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGGUNAAN SIPEJAR?

Ani Wilujeng Suryani, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ika Putri Larasati, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sri Pujiningsih, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sawitri Dwi Prastiti, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Dalam rangka untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih bermakna dan berkualitas bagi peserta didik, perguruan tinggi secara kontinu terus memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu contoh yaitu, adanya penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran yang memberikan beragam kemudahan bagi pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kebermanfaatan platform SIPEJAR yang digunakan oleh mahasiswa dalam mengakses konten pembelajaran yang telah dikembangkan pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi. Penelitian ini dibingkai dalam model Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian dilakukan terhadap 182 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang diambil secara acak. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer self-efficacy berpengaruh positif signifikan tehadap perceived ease of use, perceived usefulness, dan attitude. Selanjutnya, perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan usage. Perceived usefulness juga berpengaruh positif signifikan terhadap attitude dan usage. Namun, attitude tidak berpengaruh terhadap usage, begitupun perceived ease of use terhadap attitude. Dengan demikian, diperlukan peran pendidik yang lebih maksimal dalam memanfaatkan SIPEJAR, sehingga pembelajaran lebih interaktif dan kreatif.

 Kata kunci: Computer self-efficacy, Percieved ease of use, Percieved usefulness, Attitude, Usage


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.58844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.