Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas

Asmaul Husnah, SMA Negeri 1 Sekayu, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
Edi Harapan, Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Rohana Rohana, Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap komitmen guru dalam melaksanakan tugas. Penelitian ini dilakukan pada sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Kota Sekayu, Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu 115 guru di lima SMA Negeri di Kota Sekayu yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif  dengan menggunakan  program SPSS 25 for windows yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu analisis deskriptif, analisis asosiatif, dan analisis koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap komitmen guru dengan nilai koefisien sebesar0,438, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen guru dengan nilai koefisien sebesar0,506, dan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap komitmen guru dalam melaksanakan tugas dengan nilai koefisien sebesar0,584. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan pengembangan budaya organisasi guna mengoptimalkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas.


Keywords


kepemimpinan, budaya organisasi, komitmen guru

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, A. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan pengawasan pengawas sekolah terhadap kinerja guru dalam mewujudkan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan. 11(1).

Candra, V. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru SMP swasta. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 6 No. 11.

Colquitt, J.A., LePine, J.A., & Wesson, M.J. (2009). Organizational behavior (improving performance and commitment in the workplace). New York: McGraw-Hill Higher Education.

Darmanto, & Muharto, T. 2014. Perilaku organisasi. Tangerang: UT.

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. 14(1), 76-82.

Flippo, E. B. (2012). Manajemen personalia (jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Jannah, W. (2014). Komitmen guru dalam melaksanakan tugas di Sekolah Menengah Atas (SMA) kecamatan Rokan IV Koto. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan/Administrasi Pendidikan. 2(1), 789-831.

Jurman. (2014). Budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru pada SMA negeri 1 Simeuleu Timur. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 14(2). 275-290.

Koestoero, P., & Hadisucipto, A. (1998). Diagnosis dan pemecahan kesulitan belajar. Jakarta: Erlangga.

Kosim, M. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Jurnal Khazanah Akademia. 1(1).

Mathis, R.L., & Jackson, J.H. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Mawaddah, M., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana terhadap kepuasan kerja guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan (JMKSP). 6(1). 34 -43.

Muis, M.R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 1(1), 9-25.

Muslim, B., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA negeri 1 Inderalaya Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains. 9(1). 149 -158.

Nawawi, H. (2003). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif, cetakan ke-7. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Noe, R.A. et al. (2013). Manajemen sumber daya manusia (edisi keenam, buku 1 & 2). Jakarta: Salemba Empat.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Riyanta, T. (2016). Mengembangkan budaya mutu sekolah melalui kepemimpinan transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan. 12(1).

Rosdina. (2015). Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru pada SD Negeri 2 Lambheu kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan. 3(2).

Steers, R.M. (1991). Introduction to organizational behavior. Chicago: Scatt Foresman and Company.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.

Suwarno, B. (1988). Pengantar aplikasi statistik dalam penelitian pendidikan. Bandung: PPs UPI Bandung

Syaiful, M. (2018). Komitmen guru dalam membentuk karakter siswa (studi multisitus di sekolah dasar islam Ihya Ulumuddin Nur Sufi’iyah dan sekolah dasar islam terpadu Ihsanul Amal). Tesis, Program Pascasarjana PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Tahun 2018.

Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Idarah. 1(2).

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, M.U. (2017). Menjadi guru profesional, cetakan ke-29. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, M.H. (2017). Pengembangan budaya organisasi dalam lembaga pendidikan. Jurnal Tarbawi. 14(1). 82-96.

Zahrana. (2017, November 22). Komitmen guru profesional. Retrieved from https://zahranaa.blogspot.com/2017/11/komitmen-guru-profesional_22.html?m=1




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats