Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang

Rahmayanti Rahmayanti, SMAN 1 Comal, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
Titik Haryati, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Noor Miyono, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Ayunda Safitri, Universitas Negeri Yogyakarta, DIY, Indonesia

Abstract


Kinerja guru dalam menjalankan perannya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu profesionalisme, motivasi, dan disiplin dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sekolah menengah atas (SMA) negeri se-Kabupaten Pemalang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post facto dan bersifat kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 200 guru dari sepuluh sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi profesional, motivasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru baik secara terpisah atau bersama-sama. 


Keywords


kompetensi profesional, motivasi kerja, disiplin kerja, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2009). Psikologi kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Depdiknas RI: Jakarta.

Gabriela, P & Tannady, H. (2019). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMAN 8 Bekasi. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPUD.

Heriswanto, H. (2018). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMPN 1 Lambuya Kabupaten Konawe melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Aksara Public. 2(3), 136-152.

Hidayati, Z. Y. F. (2015). Analisis Kompetensi terhadap penilaian kinerja dosen (studi kasus dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Kutubkhanah, 17(1), 104-126.

Priyatno, D. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Pujiyanti, P., & Isroah, I. (2013). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Ciamis. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Rivai, V, (2005). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: dari teori ke praktik. Jakarta: Raja Grifindo Persada.

Sari, H. P. (2019). Pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan insentif terhadap kinerja guru SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan. 33(1), 69-78.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta

Uno, H. B. (2010). Teori motivasi dan pengukurannya; analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2014). Kepemimpinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats