PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA

Ary Purmadi, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Indonesia
Herman Dwi Surjono, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berbasis web berdasarkan gaya belajar siswa, mengetahui kelayakan produk bahan ajar berbasis web,dan mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Sukamulia. Model penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Proses validasi terhadap produk dilakukan dengan tahap uji alpha, uji beta dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar berbasis web memiliki 5 fitur pembelajaran; (2) produk yang dikembangkan telah layak untuk digunakan (3) hasil tes gaya belajar siswa menunjukkan terdapat 14 pebelajar kinestetik, 9 pebelajar visual dan 8 pebelajar auditori; (4) terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis web sebesar 31,87%. Nilai rata-rata pretest 52,03, dan postest 83,90. Persentase ketuntasan belajar siswa 97% (30 dari 31 siswa), dan penilaian respon siswa saat menggunakan menunjukkan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis webtelah efektif.
Kata kunci:bahan ajar berbasis web, pengembangan, gaya belajar

DEVELOPING WEB-BASED TEACHING MATERIALS BASED ON LEARNING STYLES IN PHYSICS
Abstract
This study aims at producing web-based teaching materials based on learning styles, revealing the feasibility of the web-based teaching materials, and revealing the effectiveness of web-based teaching materials for physics of SMAN 1 Sukamulia. It applied the research and development with 3 stages, i.e.: planning, design, and development. The process of validation of this product was carried out through 3 stages, i.e.: alpha testing, beta testing and product testing. The results of this study were that: (1) the web-based teaching materials have five learning feature; (2) the developed product is proper to be used; (3) students learning styles test results show 14 kinestetic learners, 9 visual learners, and 8 auditory learners; (4) there is an increase in students’ cognitive learning achievement after using the web-based teaching by 31.87%. The average score of the pretest is 52.03, and posttest 83.90. The percentage of students’ learning mastery is 97% (30 out of 31 students’), and the result obtained from response of students’ after using the media during the teaching process indicates a good category. From the result above, it can be concluded that teaching by using the web-based teaching materials is effective.
Keywords: web-based teaching materials, development, learning styles.

Keywords


bahan ajar berbasis web; pengembangan; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning methods and development (3 rd Ed). Massachusetts: Allyn & Bacon.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, ed revisiVI. Penerbit PT Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembahan bahan ajar dan media. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Franzoni, A.L., & Assar, S. (2009). Student learning styles adaptation method based on teaching strategies and electronic media. Educational Technology & Society, 12 (4), 15-29.

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2014). Gaya belajar. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Hadjerrouit, Said.(2010). Developing web-based learning resources in school education: a user-centered approach. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects. Vol. 6.115-135.

Hawk & Shah. (2007). Using learning style instruments to enhance student learning.Decision Sciences Journal of Innovative Education.5(1).1-19.

Khosiyah. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa SD INTI NO. 060873 MEDAN. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 9 No.1.63-80.

Margareta, H. (2012). Hubungan gaya belajar (visual, audio dan kines-tetik) dengan prestasi belajar siswa kelas viii smpn 3 padang sumatera baratpada mata pelajaran biologi tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Bung Hatta

Mendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Sudijono. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Srivastava, E. & Agarwal, N. (2013).E-learning: new trend in education and training. International Journal of Advanced Research, Volume 1, Issue 8, 797-810.

Tanta. (2010). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah biologi umum program studi pendidikan biologi universitas cenderawasih. Jurnal Kependidikan Dasar, Vol 1 (1), 7-21.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ary Purmadi, Herman Dwi Surjono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics