PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOOD BOARD TERHADAP PENGETAHUAN DESAIN BUSANA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA

Afif Ghurub Bestari, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ishartiwi Ishartiwi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh pembelajaran Desain Busana menggunakan media mood board dan media contoh gambar desain busana terhadap kreativitas dan hasil belajar Desain Busana mahasiswa;  (2) pengaruh positif pembelajaran Desain Busana dengan menggunakan media mood board dibandingkan menggunakan media contoh gambar desain busana terhadap kreativitas desain busana mahasiswa; (3) pengaruh positif pembelajaran Desain Busana dengan menggunakan media mood board dibandingkan dengan menggunakan media contoh gambar desain busana terhadap hasil belajar desain busana mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah mahasiswa kelas A dan D semester 2 di Pendidikan Teknik Busana FT UNY. Hasil t-test menunjukkan pretest mahasiswa kelas kontrol dan kelas eksperimen hampir sama. Data hasil belajar posttestmenunjukkan selisih skor rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berkategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil nilai rata-rata diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil kreativitas mahasiswa yang signifikan.

Kata kunci: media mood board, hasil belajar, desain busana

 

THE IMPACT OF USING MOOD BOARD MEDIA TO  FASHION DESIGN KNOWLEDGE ON FASHION  DESIGN ENGINEERING STUDENTS

Abstract

This research aimed to examine (1) the effect of differences in learning to use media Fashion Design mood board and fashion design drawings media examples in creativity and Fashion Design student learning outcomes; (2) the positive influence of learning by using media Fashion Design mood board than using media examples fashion design drawings for the creativity of fashion design students; (3) a positive influence of learning by using media Fashion Design mood board compared to using the media sample images for learning outcomes of Fashion Design student. This research is a quasi-experimental research with pretest-posttest design, Nonequivalent Control Group Design. This research uses experimental class and control class. The research population was a student of class A and D in the 2nd half of Technical Fashion Education Faculty of Engineering, Yogyakarta State of University. t-test results indicate student pretest control class and experimental class is almost the same. Data posttest study results show the difference in average scores between the experimental class and control class category is very high. Based on the results of the average value obtained that an increase in the creativity of the students are significant.

Keywords: fashion mood boards, learning outcomes, fashion design

Keywords


Media Mood Board; Hasil Belajar; Desain Busana; Fashion Mood Boards; Learning Outcomes; Fashion Design

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1999). Pengelolaan pengujian bagi guru mata pelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Petunjuk teknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMA. Jakarta: Diknas.

Gagne, Robert M., & Briggs, Leslie J. (1979). Principles of instructional design. (2nd ed.). New York : Holt, Rinenart and Winston

Hamalik, O. (2010). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Rianawaty, I. (2014). Pengaruh model pembelajaran kreatif produktif terintegrasi dengan blog dan facebook terhadap prestasi dan motivasi belajar ipa siswa kelas viii smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 190-198. doi:http://dx.doi.org/10.21831/tp.v1i2.2529

Sanaky, H.A.H. (2011). Media pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Seels, Barbara B., & Richey, Rita C. (1994). Instructional technology: the defenition and domains of the field. Washington DC: Association For Educational Communications and Technology (AECT).

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta

Uno, H. B. (2009). Model pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Afif Ghurub Bestari, Ishartiwi Ishartiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics