Validity of interactive media to strengthen understanding concepts in integer class vii

Fitria Fitria, Universitas Islam Malang, Indonesia
Sunismi Sunismi, Universitas Islam Malang, Indonesia
Anies Fuady, Universitas Islam Malang, Indonesia

Abstract


This research aims to test the validity of interactive media to strengthen the understanding of concepts in integer material for class VII MTs. The method used is qualitative and descriptive. The research instrument used a questionnaire from 3 experts, two practitioners, and 13 class VII students at MTs At-Taawun. The research results show that according to interactive media design experts, it is valid with a percentage of 91.7%, media experts with 81.7%, material experts with 90%, media practicality with 85.4%, and student trials with a rate of 87.7&. Based on the research results, interactive media on integers was declared valid with an average of 88.9%, so interactive media was declared suitable for use. The results of this research can also be used as a reference for research regarding media validity testing. The media that has been created can be used as learning media during the learning process.

Keywords


Concept understanding; Integers; Interactive media; Validity

Full Text:

PDF

References


Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran Interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.

Chrysti, K., Rokhmaniyah, R., & Wahyudi, W. (2021). Pengaruh model proyek berbasis scientific reading dalam pemberdayaan keterampilan berpikir kreatif guru prajabatan di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa, 10(3), 1329–1340. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1329

Dwiqi, GCS, Sudatha, IGW, & Sukmana, AIWIY (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas v. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Hakim, BR, & Haryudo, SI (2014). Pengembangan media pembelajaran interakitif animasi flash pada standar kompetensi pemasangan instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMK Walisongo 2 Gempol.

Halim Fathani, A., Nursit, I., Alifiani, A., Abidin, Z., Sunismi, S., & Widodo, GS (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran bagi guru MA Ma'arif Kota Batu di era merdeka belajar. Media Abdimas, 1 (3), 128–133. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v1i3.2573

Harsiwi, UB, & Arini, LDD (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu , 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

John W. Creswell. (2008). Penelitian pendidikan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Publikasi Sage.

Kurniawati, ID, & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Jurnal Komputer dan Teknologi Informasi, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Muhammad, DH (2020). Implementasi pendidikan humanisme religiusitas dalam pendidikan pendidikan agama islam di era revolusi industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Novita, R., & Harahap, SZ (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Pebriyanti, I., Divayana, Ditjen Bina Marga, & Kesiman, MWA (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika Kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) , 10(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31110

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Sasindo Unpam, 8(2).

Peña-Ayala, A. (2021). Kerangka kerja kooperatif desain pembelajaran untuk menanamkan pendidikan abad ke-21. Telematika dan Informatika, 62, 101632. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101632

Prasetiya, B. (2018). Analisis kuaniaif korelasi pendidikab agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam. 11.

Putri, IP, & Sibuea, AM (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika. jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1876

Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Ray, A., Bala, PK, & Dasgupta, SA (2019). Peran keaslian dan manfaat yang dirasakan dari kursus online pada pilihan karir berbasis teknologi di India: Model adopsi teknologi yang dimodifikasi berdasarkan teori karir. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 47, 140–151. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.01.015

Rufaidah, H, Sunismi, & Fathani, AH (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis game quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii. jp3, 18 (2). http://reporsitory.unisma.ac.id/handle/123456789/6678

Sunismi, S., & Fathani, AH (2016). Uji Validasi e-module matakuliah kalkulus i untuk mengoptimalkan student centered learning dan individual learning mahasiswa s-1. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 174–191. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.174-191

Sunismi, S., Wedastuti, NK, & Faradiba, SS (2023). Workshop pembuatan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Geogebra pada materi volume kerucut. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 713. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12629

Susandi, A. (2017). Peran penguatan konselor dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era globalisasi. Nusantara Penelitian, 04(02).

Tambunan, MA, & Siagian, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan. 2(10).

Tanjung, RE, & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Kejuruan Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi'ah, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash Professional berbasis literasi untuk meningkatkan kreativitas siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 180. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1428

Triningsih, DE (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia, 15(1), 128–144. https://10.30957/cendekia.v15i1.667

Widjayanti, WR, Masfingatin, T., & Setyansah, RK (2018). Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Zulhelmi, Adlim, dan Mahidin. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05, 72–80. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/aricle/view/8414/6803




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i1.64289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitria Fitria, Sunismi Sunismi, Anies Fuady

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics