Media pembelajaran perpipaan sistem refrigerasi berbasis aplikasi Android

Irman Maolani, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Kamin Sumardi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ega Taqwali Berman, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini didasari oleh kebutuhan terhadap media pembelajaran yang inovatif, sesuai kemampuan, murah dan mudah diakses oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang layak dan dibuat menggunakan web program kodular pada materi perpipaan sistem refrigerasi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model perancangan, produksi, dan evaluasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TPTU B sebanyak 35 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan non-tes yaitu lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan penilaian dari pakar media sebesar 87,8% dan 55,3% dari pakar materi. Dengan hasil persentase tersebut bahwa media dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Uji coba terhadap peserta didik mendapatkan hasil rata-rata sebesar 87%, hal ini menandakan aplikasi pembelajaran disukai dan mudah digunakan. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu penelusuran lebih lanjut efektivitas media pembelajaran perpipaan sistem refrigerasi pada kelompok eksperimen yang lebih banyak dan terkontrol.

 

This research is based on the need for innovative learning media, according to abilities, inexpensive and easily accessible to students. This study aims to produce learning media based on android applications that are feasible and made using codular web programs on refrigeration system piping material. This research uses the development method with design, production, and evaluation models. The sample of this research was 35 students of class XI TPTU B. The research instrument uses non-tests, validation sheets, and student response questionnaires. The study results a show that the media expert assessment is 87.8% and 55.3% from material experts. With the results of these percentages, the media is declared feasible and can be used in learning activities. Tests on students obtained an average mark of 87%; this indicates that learning applications are liked and easy to use. This study concludes that the learning media for piping refrigeration systems based on Android applications with the help of codular web programs is feasible and easy to use by students. This study recommends further investigating the effectiveness of learning media on piping refrigeration systems in more numerous and controlled experimental groups.


Keywords


Media pembelajaran; perpipaan; sistem refrigerasi; aplikasi android; learning media; piping; cooling system; android application

Full Text:

PDF

References


Akbar, H., & Yunarti, Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran desain grafis kelas x. Journal of Education Technology, 4(2), 262–266.

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan mobile learning bagi pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/JKKP.042.07

Cahyo Nugroho, M. K., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada mata pelajaran Sosiologi kelas x. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934

Churiyah, M., Sholikhan, S., & Filianti, F. (2022). Mobile learning uses in vocational high school: A bibliometric analysis. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(2), 484–497. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i2.6990

Hafidz, R. A., Sumardi, K., & Komaro, M. (2019). Desain dan pembuatan media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran sistem dan instalasi tata udara. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 71–79.

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51–60.

Insani, P., & Body, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran Mobile Learning berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 325–333.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 6(2). https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7073

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

Lukman, I., & Ulfa, A. (2020). Meningkatkan kemampuan kognitif kimia siswa SMA melalui pengembangan media pembelajaran berbasis android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 157–164. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p157

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26.

Muyasir, M., & Musfikar, R. (2022). Perancangan aplikasi media pembelajaran dasar desain grafis berbasis android menggunakan Web Kodular. JINTECH: Journal Of Information Technology, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.22373/jintech.v3i1.1564

Nadawiyyah, H., & Anggraeni, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis aplikasi Android. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.32661

Ninghardjanti, P., Indrawati, C. D. S., Dirgatama, C. H. A., & Wirawan, A. W. (2021). An Analysis on the Need for Mobile Learning-Based Interactive Learning Media in Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1737(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1737/1/012017

Ningsih, S. R., & Erdisna, E. (2021). Implementasi e-learning sebagai media pembelajaran online bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). OISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(1), 20–28.

Novaliendry, D., Huda, A., Sanita, D., Putra, D. A., Feiyska Nasution, M. D., Putra, R. S., & Hidayati, R. N. (2021). Android-Based Network Services Application Learning Media for Vocational High Schools. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(20), 83. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i20.23745

Oktarina, S., & Sahono, B. (2021). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas x teknik komputer dan jaringan SMKn 2 lahat). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 140–147. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i1.18128

Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Alotrop, 5(2), 168–174.

Rustandi, A., Asyril, A., & Hikma, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas x sekolah menengah kejuruan teknologi informasi airlangga tahun ajaran 2020/2021. Media Bina Ilmiah, 15(2), 4085–4092.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Bahan Ajar Digital Matematika Berbantuan Kodular. Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 2, 93–103. https://doi.org/10.37010/duconomics.v2.5913

Sibarani, H. P., Komaro, M., & Sukrawan, Y. (2019). Implementasi mobile learning berbasis aplikasi smartphone untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 42–50.

Siregar, B. J., Ndruru, L., & Tamba, S. P. (2021). Android-based learning media for vocational high school students. International Journal of Natural Science and Engineering, 5(2), 39–48.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suhardi, A., Rosalina, S. S., & Sutrisno, N. (2020). The effectiveness of science multimedia interactive based on aurora 3d presentation on student learning outcomes. THABIEA : Journal of Natural Science Teaching, 3(2), 110. https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i2.8100

Sun, Y. (2019). Investigation into the android-based mobile learning system. Theory and Practice in Language Studies, 9(6), 712. https://doi.org/10.17507/tpls.0906.15

Surahman, E. (2019). Integrated mobile learning system (imoles) sebagai upaya mewujudkan masyarakat pebelajar unggul era digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050

Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Wildan, A., & Supraptono, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif sistem EPS (Electric Power Steering) berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 20(2), 5–7.

Zakir, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan media pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berbasis android di SMK elektronika Indonesia Bukittinggi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 153–157. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35371

Zilfia Auliatul Maurisa, K., & Patmi Rahayu, W. (2021). Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa melalui pengembangan Mobile Learning berbasis Android berbantuan Ispring Suite 9. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 546–558. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p546-558




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.54103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kamin Sumardi, Irman Maolani, Ega Taqwali Berman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics