Studi kasus pelaksanaan asesmen pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Moodle

Akhirul Insan Nurr Rokhmah, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Colin Widi Widawati, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Inta Rachma Yuniarta, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Sarwiji Suwandi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract


Penelitian ini berkontribusi dalam mendeskripsikan asesmen penggunaan aplikasi Moodle untuk Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Surakarta. Penggunaan aplikasi Moodle ini sudah dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19. Data disajikan dan dianalisis menggunakan narasi deskriptif, studi kasus, analisis dokumen, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi Moodle saat PAT cukup mudah digunakan baik untuk guru dan siswa. Guru mudah dalam penginputan soal, sementara siswa mudah dalam pengoprasiannya. Kendala yang dihadapi adalah (1) masalah jaringan yang berbeda-beda di setiap siswa, (2) ada soal yang kurang lengkap, (3) layar ponsel yang kecil membuat siswa tidak nyaman, dan (4) karakteristik soal bahasa Indonesia yang terlalu panjang membuat mata siswa lelah dan menurunkan konsentrasi, (5) pengawas yang kurang bersungguh-sungguh dalam mengawasi pengerjaan PAT, dan (6) aplikasi Moodle yang masih dapat membuka aplikasi lain ketika pengerjaan tes sehingga siswa masih dapat membuka aplikasi lain ketika mengerjakan soal, sehingga masih tinggi tingkat kecurangan.

 

This study contributes to describing an evaluation using the Moodle application for the Year-End Assessment (PAT) of Indonesian subjects at SMA Negeri 7 Surakarta. The use of this Moodle application was implemented during the Covid-19 pandemic. Data are presented and analyzed using descriptive narratives, case studies, document analysis, and in-depth interviews. The results showed that the use of the Moodle application when PAT was relatively easy to use for both teachers and students. Teachers are accessible to input questions, while students are easy to operate. The obstacles faced are (1) different network problems for each student, (2) there are preliminary questions, (3) the small mobile phone screen makes students uncomfortable, and (4) the characteristics of the Indonesian language questions that are too long make it challenging to read. Students' eyes get tired and decrease concentration, (5) supervisors who are not severe about supervising PAT work, and (6) Moodle application which can still open other applications when working on tests, so students can still open other applications when working on questions, so it is still high cheating rate.

Keywords


Aplikasi Moodle; evaluasi pembelajaran; studi kasus; Moodle application; learning evaluation; case study

Full Text:

PDF

References


Astuti, I., Kismini, E. (2021). Pelaksanaan penilaian autentik pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial dalam masyarakat di SMA Negeri 1 Godong. Solidarity: Journal of Education, Society, and Culture, 10(1), 59–66. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/48010

Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online assessment of Islamic religious education learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 60–76. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.114

Bali, M. M. E. I., & Munawwaroh, L. (2022). Kreativitas guru dalam mengefektifkan pembelajaran hibrida dan assesment pembelajaran di era pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4154–4162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2757

Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2018). Pengembangan evaluasi dan penugasan online berbasis e-learning dengan Moodle pada mata kuliah media pembelajaran ilmu komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 305–315. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458

Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62–75.

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka Pelajar.

Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B., & Widodo, W. (2021). Studi kasus penerapan penilaian pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(3), 336–355. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/40088

Fap, A. M., & Hardini, A. T. A. (2021). Blended learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar di masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.39680

Fernando, W. (2020). Moodle quizzes and their usability for formative assessment of academic writing. Assessing Writing, 46, 100485. https://doi.org/10.1016/j.asw.2020.100485

Gamage, S. H., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. International Journal of STEM Education, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.1186/s40594-021-00323

Ganovia, P., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Efektivitas hybrid learning dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3141

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management system berbasis Moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226–235. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/696

Handayani, E. T. (2021). Pre-service teachers’ challanges in teaching EFL students through moodle. Universitas Teknokrat Indonesia.

Herlambang, A. E., & Yulia, H. (2022). Pelaksanaan penilaian daring di masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 109–117. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p109-117

Kaniawulan, I., & Yusuf, S. (2022). Evaluasi pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 menggunakan model context, input, process, product (CIPP). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 921–932. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.921-932.2022

Kumalasari, R. I. T. (2019). Persepsi guru tentang penggunaan e-learning moodle dan output pembelajarannya untuk siswa SMK Negeri di Kota Banyuwang [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/84941

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis information and communication technology pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411

Lebeaux, D., Jablon, E., Flahault, C., Lanternier, F., Viard, J. P., Pacé, B., ... & Lemogne, C. (2021). Introducing an open-source course management system (Moodle) for blended learning on infectious diseases and microbiology: A pre-post observational study. Infectious Diseases Now, 51(5), 477–483. https://doi.org/10.1016/j.idow.2020.11.002

Murni, S., Mukhlis, M. (2022). Hambatan guru dalam melaksanakan prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 1(1), 118–124. https://doi.org/10.25299/s.v1i1.8270

Nadhifah, N. (2015). Implementasi strategi pembelajaran aktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Modeling Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 37–55. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/46.

Novitra, F. (2022). Networked-based inquiry: An effective physics learning in the new normal Covid-19 era in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(2), 997–1016. https://doi.org/0.29333/iji.2022.15255a

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Polhun, K., Kramarenko, T., Maloivan, M., & Tomilina, A. (2021). Shift from blended learning to distance one during the lockdown period using Moodle: Test control of students’ academic achievement and analysis of its results. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1), 012053. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012053

Putri, N. L. P. U. D., Sadnyana, I. W., & Rahman, Y. (2022). Persepsi guru terhadap sistem evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 edisi revisi. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 2(1), 1–11. https://www.jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/jpmi/article/view/310

Raes, A. (2022). Exploring student and teacher experiences in hybrid learning environments: Does presence matter? Postdigital Science and Education, 4(1), 138–159. https://doi.org/10.1007/s42438-021-00274-0

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid learning: Alternatif model pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461–4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794

Sulthoniyah, I., Afianah, V. N., Afifah, K. R., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas model hybrid learning dan blended learning terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2466–2476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2379

Syvyi, M., Mazbayev, O., Varakuta, O., Panteleeva N., Bondarenko, O. (2022). Distance learning as innovation technology of school geographical education. Computer and Society.

Tantri, R. I. (2019). Persepsi guru terhadap Moodle serta dampak pembelajaran terhadap siswa. JP (Jurnal Pendidikan), 4(2), 11–12.

Turrahma, A., Satyariza, E. N., & Ibrahim, A. (2018). Pemanfaatan e-learning berbasis LCMS Moodle dalam peningkatan efisiensi dan efektivitas serta kualitas media pembelajaran siswa di MAN Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 327. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12672

Zelinskiy, S. (2020). Analysis of the possibilities of the Moodle learning management system for organization of distance learning in the conditions of the university. ScienceRise: Pedagogical Education, 5(38), 33–36. https://doi.org/10.15587/2519-4984.2020.213100




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.51644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akhirul Insan Nurr Rokhmah, Colin Widi Widawati, Inta Rachma Yuniarta, Sarwiji Suwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics